Kamis, 30 Desember 2010

SILABUS PKN MA BINUANGEUN KAELAS XI

SILABUS




Nama Madrasah : MA. Mathla’ul Anwar. Binuangeun

Mata Pelajaran : Pendidikan Kwarganegaraan

Semester : Ganjil

Kelas/Program : XI/ IPA-IPS

Satndar Kompetensi : 1. Menganalisis Budaya Politik

No. Kompetensi Dasar Indicator Materipokok/ pembelajaran Kegiatan Pembelajaran PENILAIAN Alokasi Waktu Sumber / Bantuan /Alat

Metode Bentuk



1.1.









1.2.



















1.3.

Mendeskripsikan pengertian budaya politik







Menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dlam masyarakat indonesia













Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik

• Mendeskripsikan budaya politik







• Mengidentifikasi tipe-tipe budaya menurut Almound, dkk

• Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia

1.1.1. Pengertian budaya politik







1.2.1. Tipe-tipe budaya politik menurut Gabril A. Almound dan Sidney Verba













1.2.2. Tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia

 Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian budaya politik



 Secara klasikal mendeskripsikan tipe-tipe budaya politik menurut Almound dan tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia









 Secara kelompok menggali informasi melalui media massa tentang budaya politik yang bekembang di Indonesia

 Memperesentasikan hasil temuan dan diskusi kelompok (melaui argumentasi siswa)

Tugas individu







Ulangan



















Tugas kelompok







pengamatan

Uriaian









Uraian



















Laporan diskusi dan Resum

1 Jam









3 Jam



















2 jam









2 Jam











Buku PKn SMAMA kls. XI, Bambang Suteng. Dkk



Budaya politik dan Almound, Erlangga







Bahan internet



Bahan petunjuk penguasaan kelompok dan Artikel dari Koran, Majalah dan internet







No. Kompetensi Dasar Indicator Materipokok/ pembelajaran Kegiatan Pembelajaran PENILAIAN Alokasi Waktu Sumber / Bantuan /Alat

Metode Bentuk



1.4.

Menampilkan peran serta budaya politik partisipan

• Mendeskripsikan budaya politik partisipan di Indonesia

1.4.1. Budaya politik Partisipan di Indonesia

• Secara individu mendeskripsikan temuannya mengenai budaya politik partisipan di Indonesia

Tugas individu

Laporan tertulis & kliping



2 jam



Artikel dari Koran media cetak dan berita lainnya





Mengetahu,

Kepala Madrasah











Mahripudin, S.Pd Binuangeun…………………… 2010

Guru Mata Pelajaran PKn











Andi Suhandi, S.Pd



























SILABUS



Nama Madrasah : MA. Mathla’ul Anwar. Binuangeun

Mata Pelajaran : Pendidikan Kwarganegaraan

Semester : Ganjil

Kelas/Program : XI/ IPA-IPS

Satndar Kompetensi : 2. Menganalisis Budaya demokrasi menuju masyarkatat madani

No. Kompetensi Dasar Indicator Materipokok/ pembelajaran Kegiatan Pembelajaran PENILAIAN Alokasi Waktu Sumber / Bantuan /Alat

Metode Bentuk



2.1.

















2.2.

















2.3.

Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi













Mengidentifikasi cirri-ciri masyarakat madani















Menganalisis pelaksnaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama , orde baru, dan reformasi

• Mendeskripsikan pengertian budaya demokrasi





• Mendeskripsikan prinsip-prinsip budaya demokrasi



• Mendeskripsikan pengertian masyarakat demokrasi

• Mengidentifikasi masyarakat madani





• Menganalisis pelaksanaan demokrasi yang berkembang di Indonesia



2.1.1. Pengertian buday demokrasi







2.1.2. Prinsip-prinsip budaya demokrasi







2.2.1. pengertian masyarakat madani



2.2.2. cirri-ciri masyarakat madani







2.3.1. pelaksanaan demokrasi di Indonesia



• Secara individu melalui studi pustaka tentang pengertian budaya demokrasi





• Secara klasikal mendiskusikan prinsip-prinsip budaya demokrasi





• Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian masyarakat madani dan cirri-ciri masyarakat madani







• Secara bekelompok menggali informasi melalui stadi pusyaka mengenai pelaksnaan demokrasi di era orde lama

Diskusi









Kuis









Ulangan















Tugas kelompok

Uriaian









Uraian









Tugas kelompok











Laporan diskusi dan Resum

1 Jam









3 Jam









2 jam















2 Jam





Buku PKn SMAMA kls. XI, Bambang Suteng. Dkk



Budaya politik dan Almound, Erlangga







Bahan internet



Bahan petunjuk penguasaan kelompok dan Artikel dari Koran, Majalah dan internet







No. Kompetensi Dasar Indicator Materipokok/ pembelajaran Kegiatan Pembelajaran PENILAIAN Alokasi Waktu Sumber / Bantuan /Alat

Metode Bentuk



2.4.

Menampilkan perilaku budaya demokrasi ddalam kehidupan berbangsa dan benegara



• Menunjukan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari

2.4.1. Budaya Demokrasi dalam kehidupan sehari-sehari

• Secara individu menunjukan perilaku pada masyarakat individu yang mencerminkan budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari

Tugas individu

2 Jam

Artikel dari Koran media cetak dan berita lainnya



Mengetahu,

Kepala Madrasah











Mahripudin, S.Pd Binuangeun…………………… 2010

Guru Mata Pelajaran PKn











Andi Suhandi, S.Pd

































SILABUS





Nama Madrasah : MA. Mathla’ul Anwar. Binuangeun

Mata Pelajaran : Pendidikan Kwarganegaraan

Semester : Ganjil

Kelas/Program : XI/ IPA-IPS

Satndar Kompetensi : 3. Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

No. Kompetensi Dasar Indicator Materipokok/ pembelajaran Kegiatan Pembelajaran PENILAIAN Alokasi Waktu Sumber / Bantuan /Alat

Metode Bentuk



3.1.



















3.2





























.

Mendeskripsikan pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara











Menganalisis dampak penyelanggaraan pemerintahan yang tidak transparan























• Mendeskripsikan pengertian dan keterbukaan dan keadailan











• Menguraikan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

















3.1.1. Pengertian keterbukaan



3.2.1. Pengertian keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara





3.2.1. Dampak Penyelanggaraan pemerintahan yang tidak Transparan di beberapa Negara



3.2.2. Dampak penyelenggaraan Pemerintahan yang tidak Transparan di Indonesia











 Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian keterbukaan dan keadilan











 Secara klasikal mendeskripsikan alas an pentingnya keterbukaan dan jaminan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara



 Secara kelompok melalui media Film “The rules In the World” menganalisis dampak pemerintahan yang tidak transparan







Ulangan

















Ulangan













Tugas kelompok













Uraian

















Uraian













Laporan diskusi dan resume









1 Jam

















3 Jam













2 jam















Buku PKn SMAMA kls. XI, Bambang Suteng. Dkk



Keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara



Buku sumber paket (Erlangga )dan LKS

Bahan petunjuk penguasaan kelompok dan Artikel dari Koran, Majalah dan

No. Kompetensi Dasar Indicator Materipokok/ pembelajaran Kegiatan Pembelajaran PENILAIAN Alokasi Waktu Sumber / Bantuan /Alat

Metode Bentuk

3.3.

Menunjukan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

• Menunjukan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

3.3.1. Keterbukaan dan

Keadilan Dalam

KehidupanBerbangs

Dan Bernegara

Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka dan media Berita mengenai kasusu-kasus keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Tugas individu kliping 2 Jam

internet





Mengetahu,

Kepala Madrasah











Mahripudin, S.Pd Binuangeun…………………… 2010

Guru Mata Pelajaran PKn











Andi Suhandi, S.Pd

































SILABUS



Nama Madrasah : MA. Mathla’ul Anwar. Binuangeun

Mata Pelajaran : Pendidikan Kwarganegaraan

Semester : Genap

Kelas/Program : XI/ IPA-IPS

Satndar Kompetensi : 4. Menampilkan hubungan internasional dan organisasi internasional

No. Kompetensi Dasar Indicator Materipokok/ pembelajaran Kegiatan Pembelajaran PENILAIAN Alokasi Waktu Sumber / Bantuan /Alat

Metode Bentuk



4.1

























4.2







4.3















Mendeskripsikan pengertian,pentingnya,dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu Negara

















Menjelaskan tahap-tahap perjanjian internasional





Mengkaji peranan organisasi internasional (ASEAN,AA, PBB) dalam meningkatkan hubungan

• Mendeskripsikan pengertian hubungan internasional

• Mendeskripsikan pentingnya hubungan internasional

• Mengidentipikasi sarana-sarana hubungan internasional



• Menguraikan tahap-tahap perjanjian internasional



• Menguraikan peranan organisasi internasional (ASEAN,AA, PBB) dalam meningkatkan hubungan internasional

4.1.1 pengertian hubungan internasional

4.1.2 peranan hubungan internasional

4.1.3 sarana hubungan internasional















4.2.1 tahap-tahap perjanjian

4.3.2 peranan AA

4.3.3 peranan PBB

 Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian hubungan internasional

 Secara klasikal mendiskusikan peranan hubungan internasional dan sarana-sarana dalam hubungan internasional









 Secara kelompok menguraikan tahap-tahap perjanjian internasional



 Secara kelompok menggali informasi melalui media cetak dan internet mengenai peranan ASEAN,AA,dan PBB

 mempresentasikan hasil Temuan 3 kelompok kajian

Ulangan







Ulangan

















Tugas kelompok





Tugas kelompok









Uraian







Uraian

















Resume







Resume







1 Jam







3 Jam

















2 jam







2 Jam





Buku PKn SMAMA kls. XI, Bambang Suteng. Dkk



Hubungan Internasional Erlangga







Bahan petunjuk penguasaan kelompok dan Artikel dari Koran, Majalah dan internet





No. Kompetensi Dasar Indicator Materipokok/ pembelajaran Kegiatan Pembelajaran PENILAIAN Alokasi Waktu Sumber / Bantuan /Alat

Metode Bentuk



4.4



Menghargai kerjasama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia

• Menunjukkan manfaat perjanjian internasional bagi internasional



4.4.1 manfaat perjanjian-perjanjian internasional yang melibatkan Indonesia





• secara klasikalmenguraikan beberapa contoh perjanjian internasional



Tugas (PR)

Uraian

2 jam

Bahan petunjuk penguasaan hasil tugas siswa





Mengetahu,

Kepala Madrasah











Mahripudin, S.Pd Binuangeun…………………… 2010

Guru Mata Pelajaran PKn











Andi Suhandi, S.Pd





















SILABUS



Nama Madrasah : MA. Mathla’ul Anwar. Binuangeun

Mata Pelajaran : Pendidikan Kwarganegaraan

Semester : Genap

Kelas/Program : XI/ IPA-IPS

Satndar Kompetensi : 5. Menganalisis system hukum peradilan interrnasionall

No. Kompetensi Dasar Indicator Materipokok/ pembelajaran Kegiatan Pembelajaran PENILAIAN Alokasi Waktu Sumber / Bantuan /Alat

Metode Bentuk



5.1





5.2

Mendeskripsikan sitem hukum dan peradilan internasional





Menjelaskn penyebab timbulnya sengketa internasional dan cara penyelesaian oleh mahkamah internasional

• menguraikan sistem hokum peradilan internasional



• mengidentifikasi penyebab sengketa internasional



• menguraikan cara penyelesaian sengketa internasional oleh mahkamah

5.1.1 sistem hokum dan peradilan internasional





5.2.1 penyebab timbulnya internasional





5.2.2 peranan mmahkamah internasional dalam menyelesaikan sengketa internasional

 secara individu menggali informasi melalui study pustaka tentang system hokum dan peradilan internasional

• secara klasikal mengidentifikasi melalui kajian pustaka mengenai sabab-sebab timbulnya sengketa internasional

• secara kelompok menggali informasi mlalui media masa dan internet tentang peranan mahkamah internasional dalam menyelesaikan kasus-kasus sengketa internasional

Ulangan









Tugas individu







Tugas kelompok



Uraian

1 jam

Buku PKn SMAMA kls. XI, Bambang Suteng. Dkk



Hokum peradilan Internasional Erlangga



Bahan petunjuk penguasaan kelompok dan Artikel dari Koran, Majalah dan internet











No. Kompetensi Dasar Indicator Materipokok/ pembelajaran Kegiatan Pembelajaran PENILAIAN Alokasi Waktu Sumber / Bantuan /Alat

Metode Bentuk



5.3

Menghargai putusan mahkamah konstitusi











• menunjukan sikap menghargai putusan mahkamah internasional

5.3.1 menghargai putusan mahkamah internasional

 secara kelompok melalui diskusi menunjukan sikap menghargai putusan mahkamah internasional (satu contoh kasus sesuai pilihan kelompok dan sekaligus digabung pelaksnaannya pada saat membahas materi peranan mahkamah internasional )



 mempresentasi hasil diskusi kelompok dalam bentuk argumentasi siswa

Ulangan

Uraian

2 jam

Foto visual Sengketa kasusu irak, Bosnia, Afganistan, dll











Alat presentase

- laptop

- infocus





Mengetahu,

Kepala Madrasah











Mahripudin, S.Pd Binuangeun…………………… 2010

Guru Mata Pelajaran PKn











Andi Suhandi, S.Pd


0 komentar:

Poskan Komentar

Pengikut