SILABUS
Nama Madrasah : MA. Mathla’ul Anwar. Binuangeun
Mata Pelajaran : Pendidikan Kwarganegaraan
Semester : Ganjil
Kelas/Program : XI/ IPA-IPS
Satndar Kompetensi : 1. Menganalisis Budaya Politik
No. Kompetensi Dasar Indicator Materipokok/ pembelajaran Kegiatan Pembelajaran PENILAIAN Alokasi Waktu Sumber / Bantuan /Alat
Metode Bentuk
1.1.
1.2.
1.3.
Mendeskripsikan pengertian budaya politik
Menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dlam masyarakat indonesia
Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik
• Mendeskripsikan budaya politik
• Mengidentifikasi tipe-tipe budaya menurut Almound, dkk
• Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia
1.1.1. Pengertian budaya politik
1.2.1. Tipe-tipe budaya politik menurut Gabril A. Almound dan Sidney Verba
1.2.2. Tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia
Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian budaya politik
Secara klasikal mendeskripsikan tipe-tipe budaya politik menurut Almound dan tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia
Secara kelompok menggali informasi melalui media massa tentang budaya politik yang bekembang di Indonesia
Memperesentasikan hasil temuan dan diskusi kelompok (melaui argumentasi siswa)
Tugas individu
Ulangan
Tugas kelompok
pengamatan
Uriaian
Uraian
Laporan diskusi dan Resum
1 Jam
3 Jam
2 jam
2 Jam
Buku PKn SMAMA kls. XI, Bambang Suteng. Dkk
Budaya politik dan Almound, Erlangga
Bahan internet
Bahan petunjuk penguasaan kelompok dan Artikel dari Koran, Majalah dan internet
No. Kompetensi Dasar Indicator Materipokok/ pembelajaran Kegiatan Pembelajaran PENILAIAN Alokasi Waktu Sumber / Bantuan /Alat
Metode Bentuk
1.4.
Menampilkan peran serta budaya politik partisipan
• Mendeskripsikan budaya politik partisipan di Indonesia
1.4.1. Budaya politik Partisipan di Indonesia
• Secara individu mendeskripsikan temuannya mengenai budaya politik partisipan di Indonesia
Tugas individu
Laporan tertulis & kliping
2 jam
Artikel dari Koran media cetak dan berita lainnya
Mengetahu,
Kepala Madrasah
Mahripudin, S.Pd Binuangeun…………………… 2010
Guru Mata Pelajaran PKn
Andi Suhandi, S.Pd
SILABUS
Nama Madrasah : MA. Mathla’ul Anwar. Binuangeun
Mata Pelajaran : Pendidikan Kwarganegaraan
Semester : Ganjil
Kelas/Program : XI/ IPA-IPS
Satndar Kompetensi : 2. Menganalisis Budaya demokrasi menuju masyarkatat madani
No. Kompetensi Dasar Indicator Materipokok/ pembelajaran Kegiatan Pembelajaran PENILAIAN Alokasi Waktu Sumber / Bantuan /Alat
Metode Bentuk
2.1.
2.2.
2.3.
Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi
Mengidentifikasi cirri-ciri masyarakat madani
Menganalisis pelaksnaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama , orde baru, dan reformasi
• Mendeskripsikan pengertian budaya demokrasi
• Mendeskripsikan prinsip-prinsip budaya demokrasi
• Mendeskripsikan pengertian masyarakat demokrasi
• Mengidentifikasi masyarakat madani
• Menganalisis pelaksanaan demokrasi yang berkembang di Indonesia
2.1.1. Pengertian buday demokrasi
2.1.2. Prinsip-prinsip budaya demokrasi
2.2.1. pengertian masyarakat madani
2.2.2. cirri-ciri masyarakat madani
2.3.1. pelaksanaan demokrasi di Indonesia
• Secara individu melalui studi pustaka tentang pengertian budaya demokrasi
• Secara klasikal mendiskusikan prinsip-prinsip budaya demokrasi
• Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian masyarakat madani dan cirri-ciri masyarakat madani
• Secara bekelompok menggali informasi melalui stadi pusyaka mengenai pelaksnaan demokrasi di era orde lama
Diskusi
Kuis
Ulangan
Tugas kelompok
Uriaian
Uraian
Tugas kelompok
Laporan diskusi dan Resum
1 Jam
3 Jam
2 jam
2 Jam
Buku PKn SMAMA kls. XI, Bambang Suteng. Dkk
Budaya politik dan Almound, Erlangga
Bahan internet
Bahan petunjuk penguasaan kelompok dan Artikel dari Koran, Majalah dan internet
No. Kompetensi Dasar Indicator Materipokok/ pembelajaran Kegiatan Pembelajaran PENILAIAN Alokasi Waktu Sumber / Bantuan /Alat
Metode Bentuk
2.4.
Menampilkan perilaku budaya demokrasi ddalam kehidupan berbangsa dan benegara
• Menunjukan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
2.4.1. Budaya Demokrasi dalam kehidupan sehari-sehari
• Secara individu menunjukan perilaku pada masyarakat individu yang mencerminkan budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
Tugas individu
2 Jam
Artikel dari Koran media cetak dan berita lainnya
Mengetahu,
Kepala Madrasah
Mahripudin, S.Pd Binuangeun…………………… 2010
Guru Mata Pelajaran PKn
Andi Suhandi, S.Pd
SILABUS
Nama Madrasah : MA. Mathla’ul Anwar. Binuangeun
Mata Pelajaran : Pendidikan Kwarganegaraan
Semester : Ganjil
Kelas/Program : XI/ IPA-IPS
Satndar Kompetensi : 3. Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
No. Kompetensi Dasar Indicator Materipokok/ pembelajaran Kegiatan Pembelajaran PENILAIAN Alokasi Waktu Sumber / Bantuan /Alat
Metode Bentuk
3.1.
3.2
.
Mendeskripsikan pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Menganalisis dampak penyelanggaraan pemerintahan yang tidak transparan
• Mendeskripsikan pengertian dan keterbukaan dan keadailan
• Menguraikan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.1.1. Pengertian keterbukaan
3.2.1. Pengertian keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.2.1. Dampak Penyelanggaraan pemerintahan yang tidak Transparan di beberapa Negara
3.2.2. Dampak penyelenggaraan Pemerintahan yang tidak Transparan di Indonesia
Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian keterbukaan dan keadilan
Secara klasikal mendeskripsikan alas an pentingnya keterbukaan dan jaminan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Secara kelompok melalui media Film “The rules In the World” menganalisis dampak pemerintahan yang tidak transparan
Ulangan
Ulangan
Tugas kelompok
Uraian
Uraian
Laporan diskusi dan resume
1 Jam
3 Jam
2 jam
Buku PKn SMAMA kls. XI, Bambang Suteng. Dkk
Keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Buku sumber paket (Erlangga )dan LKS
Bahan petunjuk penguasaan kelompok dan Artikel dari Koran, Majalah dan
No. Kompetensi Dasar Indicator Materipokok/ pembelajaran Kegiatan Pembelajaran PENILAIAN Alokasi Waktu Sumber / Bantuan /Alat
Metode Bentuk
3.3.
Menunjukan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
• Menunjukan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.3.1. Keterbukaan dan
Keadilan Dalam
KehidupanBerbangs
Dan Bernegara
Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka dan media Berita mengenai kasusu-kasus keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Tugas individu kliping 2 Jam
internet
Mengetahu,
Kepala Madrasah
Mahripudin, S.Pd Binuangeun…………………… 2010
Guru Mata Pelajaran PKn
Andi Suhandi, S.Pd
SILABUS
Nama Madrasah : MA. Mathla’ul Anwar. Binuangeun
Mata Pelajaran : Pendidikan Kwarganegaraan
Semester : Genap
Kelas/Program : XI/ IPA-IPS
Satndar Kompetensi : 4. Menampilkan hubungan internasional dan organisasi internasional
No. Kompetensi Dasar Indicator Materipokok/ pembelajaran Kegiatan Pembelajaran PENILAIAN Alokasi Waktu Sumber / Bantuan /Alat
Metode Bentuk
4.1
4.2
4.3
Mendeskripsikan pengertian,pentingnya,dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu Negara
Menjelaskan tahap-tahap perjanjian internasional
Mengkaji peranan organisasi internasional (ASEAN,AA, PBB) dalam meningkatkan hubungan
• Mendeskripsikan pengertian hubungan internasional
• Mendeskripsikan pentingnya hubungan internasional
• Mengidentipikasi sarana-sarana hubungan internasional
• Menguraikan tahap-tahap perjanjian internasional
• Menguraikan peranan organisasi internasional (ASEAN,AA, PBB) dalam meningkatkan hubungan internasional
4.1.1 pengertian hubungan internasional
4.1.2 peranan hubungan internasional
4.1.3 sarana hubungan internasional
4.2.1 tahap-tahap perjanjian
4.3.2 peranan AA
4.3.3 peranan PBB
Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian hubungan internasional
Secara klasikal mendiskusikan peranan hubungan internasional dan sarana-sarana dalam hubungan internasional
Secara kelompok menguraikan tahap-tahap perjanjian internasional
Secara kelompok menggali informasi melalui media cetak dan internet mengenai peranan ASEAN,AA,dan PBB
mempresentasikan hasil Temuan 3 kelompok kajian
Ulangan
Ulangan
Tugas kelompok
Tugas kelompok
Uraian
Uraian
Resume
Resume
1 Jam
3 Jam
2 jam
2 Jam
Buku PKn SMAMA kls. XI, Bambang Suteng. Dkk
Hubungan Internasional Erlangga
Bahan petunjuk penguasaan kelompok dan Artikel dari Koran, Majalah dan internet
No. Kompetensi Dasar Indicator Materipokok/ pembelajaran Kegiatan Pembelajaran PENILAIAN Alokasi Waktu Sumber / Bantuan /Alat
Metode Bentuk
4.4
Menghargai kerjasama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia
• Menunjukkan manfaat perjanjian internasional bagi internasional
4.4.1 manfaat perjanjian-perjanjian internasional yang melibatkan Indonesia
• secara klasikalmenguraikan beberapa contoh perjanjian internasional
Tugas (PR)
Uraian
2 jam
Bahan petunjuk penguasaan hasil tugas siswa
Mengetahu,
Kepala Madrasah
Mahripudin, S.Pd Binuangeun…………………… 2010
Guru Mata Pelajaran PKn
Andi Suhandi, S.Pd
SILABUS
Nama Madrasah : MA. Mathla’ul Anwar. Binuangeun
Mata Pelajaran : Pendidikan Kwarganegaraan
Semester : Genap
Kelas/Program : XI/ IPA-IPS
Satndar Kompetensi : 5. Menganalisis system hukum peradilan interrnasionall
No. Kompetensi Dasar Indicator Materipokok/ pembelajaran Kegiatan Pembelajaran PENILAIAN Alokasi Waktu Sumber / Bantuan /Alat
Metode Bentuk
5.1
5.2
Mendeskripsikan sitem hukum dan peradilan internasional
Menjelaskn penyebab timbulnya sengketa internasional dan cara penyelesaian oleh mahkamah internasional
• menguraikan sistem hokum peradilan internasional
• mengidentifikasi penyebab sengketa internasional
• menguraikan cara penyelesaian sengketa internasional oleh mahkamah
5.1.1 sistem hokum dan peradilan internasional
5.2.1 penyebab timbulnya internasional
5.2.2 peranan mmahkamah internasional dalam menyelesaikan sengketa internasional
secara individu menggali informasi melalui study pustaka tentang system hokum dan peradilan internasional
• secara klasikal mengidentifikasi melalui kajian pustaka mengenai sabab-sebab timbulnya sengketa internasional
• secara kelompok menggali informasi mlalui media masa dan internet tentang peranan mahkamah internasional dalam menyelesaikan kasus-kasus sengketa internasional
Ulangan
Tugas individu
Tugas kelompok
Uraian
1 jam
Buku PKn SMAMA kls. XI, Bambang Suteng. Dkk
Hokum peradilan Internasional Erlangga
Bahan petunjuk penguasaan kelompok dan Artikel dari Koran, Majalah dan internet
No. Kompetensi Dasar Indicator Materipokok/ pembelajaran Kegiatan Pembelajaran PENILAIAN Alokasi Waktu Sumber / Bantuan /Alat
Metode Bentuk
5.3
Menghargai putusan mahkamah konstitusi
• menunjukan sikap menghargai putusan mahkamah internasional
5.3.1 menghargai putusan mahkamah internasional
secara kelompok melalui diskusi menunjukan sikap menghargai putusan mahkamah internasional (satu contoh kasus sesuai pilihan kelompok dan sekaligus digabung pelaksnaannya pada saat membahas materi peranan mahkamah internasional )
mempresentasi hasil diskusi kelompok dalam bentuk argumentasi siswa
Ulangan
Uraian
2 jam
Foto visual Sengketa kasusu irak, Bosnia, Afganistan, dll
Alat presentase
- laptop
- infocus
Mengetahu,
Kepala Madrasah
Mahripudin, S.Pd Binuangeun…………………… 2010
Guru Mata Pelajaran PKn
Andi Suhandi, S.Pd
Kamis, 30 Desember 2010
SILABUS PKN MA BINUANGEUN KAELAS XI
17.10
MAS. MA. BINUANGEUN
0 komentar:
Posting Komentar