Jumat, 07 Januari 2011

RPP BIOLOGI X/1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


(RPP)



Satuan Pendidikan : MAS MA BINUANGEUN

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/Semester : XI/1

Alokasi Waktu : 20 jam pelajaran (10 x pertemuan)





Standar Kompetensi : Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan

Kompetensi Dasar :

- Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan

- Mengidentifikasi organel sel tumbuhan dan hewan

- Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis)

Indikator : - Memahami teori sel menurut Schleiden dan Schwann, Max Schultze, Robert Virchow dan perkembangannya

- Memahami berbagai organel sel

- Memahami perbedaan mekanisme transpor zat yang memerlukan energi dan yang tidak memerlukan energi



A. Tujuan Pembelajaran

- Siswa dapat mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan

- Siswa dapat mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan

- Siswa dapat membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis)

B. Materi Pembelajaran

Sel

Pertemuan Ke-1 s.d 5

1. Teori tentang sel: oleh Schleiden, Max Schultze, Rudolf Virchow, Gregor Mendel

2. Secara struktur sel merupakan penyusun makhluk hidup baik satu sel maupun banyak sel

3. Bagian-bagian sel: membran sel, inti sel, sitoplasma, retikulum endoplasma, Ribosom, badan mikro, kompleks golgi, lisosom, mitokondria, sentriol dan sentrosom, sitoskeleton

Pertemuan ke-6 s.d. 10

1. Sel tumbuhan dan hewan terdapat perbedaan pada bagian-bagian penyusun selnya

2. Pada sel tumbuhan terdapat kloroplas, dinding sel, dan vokuola sedangkan pada sel hewan organel tersebut

tidak ada

3. Membran plasma merupakan selaput sel di sebelah luar sitoplasma yang bersifat semipermiabel atau selektif permeabel. Membran sel berfungsi dalam mengatur gerakan materi atau transportasi dari dan ke luar sel

C. Metode Pembelajaran

Diskusi kelompok, tanya jawab, dan penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Ke-1 s.d. 5

Pendahuluan

Apersepsi:

Siswa diberi pemahaman tentang bagian tubuh makhluk hidup

Motivasi:

Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami teori tentang sel, struktur dan fungsi bagian-bagian sel





Kegiatan Inti

1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami teori tentang sel

2. Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa dapat memahami struktur dan fungsi bagian-bagian sel

3. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang teori tentang sel, struktur dan fungsi bagian-bagian sel

Penutup

1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2. Siswa dan guru melakukan refleksi

3. Guru memberikan tugas rumah (PR)

Pertemuan Ke-6 s.d. 10

Pendahuluan

Apersepsi:

Siswa diberi pemahaman tentang teori sel

Motivasi:

Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami struktur dan fungsi bagian-bagian sel, sel tumbuhan dan hewan, mekanisme transpor zat melalui membran

Kegiatan Inti

1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami struktur dan fungsi sel

2. Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa dapat memahami mekanisme transpor zat melalui membran

3. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang struktur dan fungsi bagian-bagian sel, sel tumbuhan dan hewan, mekanisme transpor zat melalui membran

Penutup

1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2. Siswa dan guru melakukan refleksi

3. Guru memberikan tugas rumah (PR)

E. Alat dan Bahan

1. Alat

2. Sumber belajar :

- Buku paket

- Buku lain yang relevan

- LKS TUNTAS

F. Penilaian

1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu

2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis

3. Instrumen/soal:

1. Sebutkan fungsi sitoplasma!

2. Jelaskan macam-macam retikulum endoplasma!

3. Jelaskan perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan!

4. Peristiwa keluar masuknya zat melalui membran dengan menggunakan energi disebut ....

5. Sebutkan fungsi nukleus!

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:

Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)



Binuangeun,.......................2011

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran







Mahripudin. S.Pd Rijal ZamanI.S, Pd







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan : MAS MA BINUANGEUN

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/Semester : XI/1

Alokasi Waktu : 28 jam pelajaran (14 x pertemuan)





Standar Kompetensi : Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta penerapannya dalam konteks Salingtemas

Kompetensi Dasar :

- Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan

- Mendeskripsikan struktur jaringan hewan vertebrata dan mengaitkannya dengan fungsinya

Indikator : - Memahami struktur dan ciri-ciri jaringan meristem dan jaringan dewasa

- Memahami metode kultur jaringan

- Memahami struktur dan ciri-ciri jaringan epitelium, jaringan ikat, jaringan otot dan jaringan saraf dan persebarannya di tubuh vertebrata

- Memiliki pengetahuan dasar tentang organ dan sistem organ



A. Tujuan Pembelajaran

- Siswa dapat mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan

- Siswa dapat mendeskripsikan struktur jaringan hewan vertebrata dan mengaitkannya dengan fungsinya

B. Materi Pembelajaran

Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan

Pertemuan Ke-11 s.d. 14

1. Macam-macam jaringan tumbuhan: jaringan meristem, jaringan dewasa

2. Organ pokok pada tumbuhan yang bersifat vegetatif adalah akar, batang, dan daun

3. Organ generatif yang pokok pada tumbuhan berbunga adalah bunga

4. Organ tumbuhan: akar, batang, daun, bunga, buah

Pertemuan Ke-15 dan 16

1. Kultur jaringan merupakan cara perbanyakan tanaman secara invitro

2. Prinsip dari metode kultur jaringan adalah jaringan tumbuhan diambil sedikit lalu ditumbuhkan dalam media buatan sehingga tumbuh menjadi tanaman sempurna.

Pertemuan Ke-17 s.d. 21

1. Jaringan utama hewan: epitel, jaringan otot, jaringan saraf, dan jaringan ikat/penunjang

2. Organ hewan tersusun atas beberapa jaringan yang memiliki fungsi yang sama

Pertemuan Ke-22 s.d. 24

1. Sistem organ adalah kumpulan dari beberapa organ yang bekerja sama melaksanakan suatu fungsi tertentu

2. Transplantasi yang aman dilakukan jika jaringan atau organ yang ditransplantasikan berasal dari tubuh sendiri

C. Metode Pembelajaran

Diskusi kelompok, tanya jawab, dan penugasan





D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Ke-11 s.d. 14

Pendahuluan

Apersepsi:

Siswa diberi pemahaman tentang pertumbuhan tanaman

Motivasi:

Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami macam-macam jaringan tumbuhan dan organ tumbuhan

Kegiatan Inti

1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami macam-macam jaringan tumbuhan

2. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang macam-macam jaringan tumbuhan dan organ tumbuhan

Penutup

1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2. Siswa dan guru melakukan refleksi

3. Guru memberikan tugas rumah (PR)

Pertemuan Ke-15 dan 16

Pendahuluan

Apersepsi:

Siswa diberi pemahaman tentang regenerasi

Motivasi:

Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami metode kultur jaringan

Kegiatan Inti

1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami pengertian kultur jaringan

2. Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa dapat memahami dan menjelaskan prinsip dari metode kultur jaringan

3. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang metode kultur jaringan

Penutup

1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2. Siswa dan guru melakukan refleksi

3. uru memberikan tugas rumah (PR)

Pertemuan Ke-17 s.d. 21

Pendahuluan

Apersepsi:

- Siswa diberi pemahaman tentang pengertian kultur jaringan

- Siswa diingatkan tentang pentingnya pemahaman proses fotosintesis

Motivasi:

Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami struktur dan fungsi jaringan hewan dan organ hewan

Kegiatan Inti

1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami pengertian jaringan

2. Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa dapat memahami organ hewan

3. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang struktur dan fungsi jaringan hewan dan organ hewan

Penutup

1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2. Siswa dan guru melakukan refleksi

3. Guru memberikan tugas rumah (PR)



Pertemuan Ke-22 s.d. 24

Pendahuluan

Apersepsi:

1. Siswa diberi pemahaman tentang pengertian organ

2. Siswa diingatkan tentang pentingnya pemahaman tentang sistem organ

Motivasi:

Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami sistem organ

Kegiatan Inti

1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami contoh sistem organ beserta organ penyusun dan fungsinya

2. Dengan metode inkuiri, melalui contoh soal dapat memahami dan menjelaskan transplantasi

3. Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa dapat memahami dan mengetahui sistem transplantasi

4. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang sistem organ

Penutup

1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2. Siswa dan guru melakukan refleksi

3. Guru memberikan tugas rumah (PR)

E. Alat dan Bahan

1. Alat :

2. Sumber belajar :

- Buku paket

- Buku lain yang relevan

- LKS TUNTAS

F. Penilaian

1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu

2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis

3. Instrumen/soal:

1. Sebutkan fungsi dari akar!

2. Apa perbedaan xylem dan floem?

3. Sebut dan jelaskan tipe berkas pembuluh!

4. Sebutkan macam-macam jaringan penyokong!

5. Apa fungsi bunga?

6. Apa kelebihan dari teknik kultur jaringan?

7. Apa yang Anda ketahui tentang eksplan dan media tanam?

8. Epitel penyerap terdapat pada ....

9. Apa fungsi jaringan saraf?

10. Sebutkan tiga contoh sistem organ dan sebutkan organ-organ penyusunnya!



Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:

Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)





Binuangeun,.......................2011

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran









Mahripudin. S.Pd Rijal ZamanI.S, Pd







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan : MAS MA BINUANGEUN

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/Semester : XI/1

Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran (6 x pertemuan)







Standar Kompetensi :

Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas

Kompetensi Dasar :

Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia

Indikator : - Memahami fungsi dan struktur rangka manusia

- Memahami mekanisme gerak pada manusia



A. Tujuan Pembelajaran

- Siswa dapat menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia

B. Materi Pembelajaran

Sistem gerak pada manusia

Pertemuan Ke-25 s.d. 30

1. Gerak adalah suatu tanggapan terhadap rangsangan baik dari dalam maupun dari luar

2. Otot merupakan alat gerak aktif karena otot memiliki kemampuan berkontraksi dan relaksasi yang dapat menggerakkan tulang yang dilekatinya sedangkan tulang merupakan alat gerak pasif

C. Metode Pembelajaran

Diskusi kelompok, tanya jawab, dan penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Ke-25 s.d. 30

Pendahuluan

Apersepsi:

Siswa diingatkan tentang pentingnya memahami aktivitas manusia

Motivasi:

Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami sistem gerak manusia

Kegiatan Inti

1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami pengertian gerak

2. Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa dapat memahami dan menjelaskan fungsi dan sistem gerak otot

3. Dengan diskusi dan tanya jawab memahami dan menjelaskan macam-macam tulang penyusun rangka manusia

4. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang sistem gerak manusia

Penutup

1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2. Siswa dan guru melakukan refleksi

3. Guru memberikan tugas rumah (PR)





E. Alat dan Bahan

1. Alat : Media Gambar

2. Sumber belajar :

- Buku paket

- Buku lain yang relevan

- LKS Tuntas

F. Penilaian

1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu

2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis

3. Instrumen/soal:

1. Apa fungsi tulang?

2. Sebutkan macam-macam otot berdasarkan cara kerjanya!

3. Sebutkan bagian-bagian penyusun tulang keras!

4. Apa yang Anda ketahui tentang gerak antagonis?

5. Jelaskan perbedaan sendi engsel dan pelana!





Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:

Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)







Binuangeun,.......................2011 Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran









Mahripudin. S.Pd Rijal ZamanI.S, Pd







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan : SMA

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/Semester : XI/1

Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran (6 x pertemuan)







Standar Kompetensi :

Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas

Kompetensi Dasar :

Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah

Indikator : - Memahami mekanisme transpor zat di dalam tubuh

- Memahami struktur darah

- Memahami sistem peredaran darah dan getah bening



A. Tujuan Pembelajaran

- Siswa dapat menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah

B. Materi Pembelajaran

Sistem peredaran darah

Pertemuan Ke-31 s.d. 36

1. Sistem peredaran darah dilakukan oleh darah dan alat peredaran darah

2. Alat peredaran darah pada manusia terdiri dari jantung dan pembuluh darah

3. Sistem peredaran darah pada hewan: peredaran darah pada Protozoa dan hewan tingkat rendah, peredaran darah pada hewan tingkat tinggi

C. Metode Pembelajaran

Diskusi kelompok, tanya jawab, dan penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Ke-31 s.d. 36

Pendahuluan

Apersepsi:

Siswa diingatkan pemahaman tentang darah

Motivasi:

Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami sistem peredaran darah manusia dan hewan

Kegiatan Inti

1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami pengertian sistem peredaran darah

2. Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa dapat memahami dan menjelaskan sistem peredaran darah hewan

3. Dengan diskusi dan tanya jawab memahami dan menjelaskan jenis golongan darah pada manusia

4. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang sistem peredaran darah

Penutup

1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2. Siswa dan guru melakukan refleksi

3. Guru memberikan tugas rumah (PR)





E. Alat dan Bahan

1. Alat :

2. Sumber belajar :

- Buku paket

- Buku lain yang relevan

- LKS Tuntas

F. Penilaian

1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu

2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis

3. Instrumen/soal:

1. Jelaskan sistem peredaran darah terbuka dan tertutup!

2. Sebutkan ciri-ciri pembuluh vena!

3. Sebutkan tiga contoh gangguan pada sistem peredaran darah!

4. Jelaskan peredaran darah pada ikan!

5. Enzim apa yang berperan dalam pembekuan darah?





Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:

Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)





Binuangeun,.......................201

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran









Mahripudin. S.Pd Rijal ZamanI.S, Pd


0 komentar:

Poskan Komentar

Pengikut