Selasa, 05 Juni 2012

PROPOSAL PTK






PROPOSAL


PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK )
Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Penerapan Strategi Inkuiri pada Siswa MA. Binuangeun

Disusun Sebagai Salah Satu Syarat PLPG Tahap 13 Wira Carita
Tahun 2011












Oleh    : Andi Suhandi, S.Pd
No. Pes : 11280215420150




PELATIHAN PROFESI GURU ( PLPG ) TAHAP 13 RAYON 09
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA ( UNJ )  



BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar belakang Masalah
Pendidikan di Indonesia diharapkan dapat mempersiapkan peserta didik menjadi warga Negara yang memiliki komitmen kuat dan konsisten untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Komitmen yang kuat dan konsisten terhadap prinsip dan semangat kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, perlu ditingkatkan terus menerus untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia. Konstitusi Negara Republik Indonesia perlu ditanamkan kepada seluruh komponen bangsa Indonesia, khususnya generasi muda sebagai generasi penerus.
Indonesia harus menghindari sistem pemerintahan yang memasung hak-hak asasi manusia, hak-hak warganegara untuk dapat menjalankan prinsip-prinsip demokrasi. Kehidupan yang demokratis didalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, pemerintahan, dan organisasi-organisasi non pemeritahan perlu dikenal, dipahami, diinternalisasi, dan diterapkan demi terwujudnya pelaksanaan prinsip-prinsip demokrasi serta demi peningkatan martabat kemanusian, kesejahteraan, kebahagiaan, kecerdasan dan keadilan.
Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warganegara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga Negara yang baik, yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945.
Kondisi salah satu ketidak aktifan dalam proses pembelajaran PKn yang terjadi di ruang kelas selalu terajdi siswa lebih cenderung diam (Pasif), maka dengan cara memalalui Penerapan Strategi Inkuiri siswa dapat lebih aktif dan kondusif  
Sebagai tenaga pendidik banyak upaya agar siswa dalam metode pembelajaran agar tercapai sesuai dengan harapan. Dalam hal ini, maka Peneliti Tindakan Kelas (PTK), merumuskan sebuah judul “Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Penerapan Strategi Inkuiri pada Siswa MA. Binuangeun Kelas XI”
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah tersebut diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut :
1.      Apakah pembelajaran metode Penerapan Strategi Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa MA. Binuuangeun ?
2.      Bagaimanakah metode penerapan strategi inkuiri dikelas dalam mata pelajaran PKn?
C.     Tujuan Penelitian
Tujuan Peneliti Tindakan Kelas (PTK) ini, adalah untuk meningkatkan kemampuan dan dapat memecahkan masalah-masalah yang terjadi pada mata pelajaran PKn khususnya dikelas XI pada MA. Binuangeun,  juga pemeblajaran PKn menjadi lebih menyenangkan dan menimbulkan kretifitas.
D.     Manfaat Penelitian
1.      Proses pembelajaran terarah, menyenangkan serta dapat meningkatkan profesionalitas guru dalam mengajar
2.      Dengan variasi metode mengajar maka siswa tidak merasa monoton dalam pembelajaran dan akan bepengaruh dalam hasil belajar.























BAB. II
KAJIAN PUSTAKA

A.     Kajian Teori
1.            Metode Inkuiri
Inkuiri berasal dari bahasa Inggris yaitu inquiry yang berarti pertanyaan atau pemeriksaan, penyelidikan. Inkuiri merupakan proses umum yang dilakukan manusia untuk mencari atai memahami informasi.
Oemar Hamalik (1999) menyatakan bahwa pengajaran berdasarkan inkuiri (inquiry based teaching) adalah suatu strategi yang berpusat pada siswa (student-centered-strategy) dimana kelompok-kelompok siswa ke dalam suatu persoalan atau mencari jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan didalam suatu prosedur dan struktur kelompok yang digariskan secara jelas (Kasau, 2009: 10).
Aunurrahman (dalam Kasau, 2009: 10) menyatakan bahwa pembelajaran melalui metode inkuiri, siswa diarahkan  pada suatu proses dalam rangka mengkaji dan menjelaskan suatu fenomena khusus. Tujuannya adalah mengembangkan keterampilan intelektual yang diperlukan untuk mengajukan pertanyaan dan menemukan jawabannya berdasarkan rasa ingin tahunya. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa aktif mengajukan pertanyaan “mengapa suatu terjadi?” kemudian mencari dan mengumpulkan serta memproses data secara logis untuk selanjutnya mengembangkan strategi intelektual yang dapat digunakan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan mengapa sesuatu terjadi.
Peran guru dalam pembelajaran adalah sebagai motivator, fasilitator, dan mediator. Oleh karena itu, keterampilan yang harus dikuasai guru antara lain:
1.      kemampuan metodologi dan pemikiran teoritik;
2.      kemampuan meneprapkan konsep; dan
3.      kemampuan memberikan apresiasi.
     
B.     Temukan Hasil Penelitian Yang Relevan
Metode inkuiri adalah salah satu metode pembelajaran yang dapat dijadikan metode dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Metode inkuiri dapat dilakukan secara individu, kelompok atau klasikal, serta dengan cara tanya-jawab, diskusi atau kegiatan yang dilakukan di dalam  maupun di luar kelas.
Langkah-langkah pembelajaran yang dapat dilakukan menurut Gulo (Kasau, 2009: 10) adalah :
1.      mengajukan pertanyaan atau permasalahan;
2.      merumuskan hipotesis;
3.      mengumpulkan data;
4.      analisis data; dan
5.      menarik kesimpulan.
C.     Kerangka Pikir
1.      Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Penerapan Strategi Inkuiri pada Siswa MA. Binuangeun Kelas XI
Hasil belajar adalah segala kemampuan yang dapat dicapai siswa melalui proses belajar yang berupa pemahaman dan penerapan pengetahuan dan keterampilan yang berguna bagi siswa dalam kehidupannya sehari-hari serta sikap dan cara berpikir kritis dan kreatif dalam rangka mewujudkan manusia yang berkualitas, bertanggung jawab bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara serta bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa.






















BAB. III
PROSEDUR / METODE PENELITIAN

A.     Lokasi dan Waktu
Waktu pelaksanaan Penelitian ini dari mulai Bulan November tanggal,  01 Tahun  2011, adapun tempat penelitian dilaksanakan terhadap siswa MA.  Binuangeun - Wanasalam
B.     Subyek
Subjek penelitian adalah keals XI berjumlah 42 Siswa, Jumlah siswa permpuan 24 siswa dan  jumlah siswa laki-laki 18 siswa, siswa yang rata-rata berusia, 15-16 Tahun
C.     Prosedur
Dalam pelaksnaan penelitian ini, terlebih dahulu menuliskan pokok dan rencana kegiatan penelitian dalam suatu table contoh berikut ini :
Siklus I
Perencanaan :
identifikasi masalah dan penetapan alternatif memachkan masalah
Ø  Merencanakan Pembelajaran yang akan diterapkan dalam Proses Pembelajaran
Ø  Menentukan materi pokok dalam pembahasan
Ø  Mengembanghkan skenario pembelajaran
Ø  Menyusun LKS
Ø  Menyiapkan sumber belajar

Tindakan
Ø  Menerapkan tindakan dan sesuai yang akan direncanakan dan LKS
Ø  Dilakukan 2 x pertemuan
Ø  Menerapkan tindakan

Pengamatan
Ø  Melakukan observasi dengan memakai format observasi
Ø  Menilai hasil tindakan dengan menggunakan format lks

Refleksi
Ø  Melakukan evaluasi tindakan yang telah dilakukan meliputi evaluasi mutu, jumlah, dan waktu dari setiap macam, tindakan
Ø  Melakukan pertemuan untuk membahas hasil evaluasi tentang skenario LKS, respon siswa terhadap tindakan yang dilakukan
Ø  Memperbaiki pelaksanaan tindakan  sesuai hasil evaluasi untuk digunakan pada siklus berikutnya
Ø  Evaluasi tindakan siklus 1
Siklus II
Perencanaan
Ø  Identifikasi masalah berdasrkan hasil refleksi dan penetapan alternatif

Tindakan
Ø  Pelaksanaan rencana tindakan siklus II

Observasi
Ø  Pengumpulan data tindakan siklus II

Refleksi
Ø  Evaluasi tindakan II

D.     Jadwal Kegitan
No
Rencana Kegiatan
Waktu (Minggu Ke)
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
1
Persiapan












Menyususn Konsep Pelaksanaan (RPP)
X











Menyepakati jadwal dan tugas menyusun instrumen
x











Diskusi konsep pelaksanaan
X










2
Pelaksanaan












Menyiapkan kelas dan sarana penunjang

X










Melakukan tindakan siklus I


X
X








Melakukan tindakan siklus II



X
X






3
Penyususnan Laporan












MenyususnKonsep Laporan






X





Seminarhasil penelitian perbaikan laporan







X




Penggandaan laporan








X



E.     Daftar  Pustaka
1.      Dr. Supriyadi, M.Pd. Modul PLPG
2.      Pendidikan Kwarganegaraan  SMA/MA XI
3.      Tim Redaksi 1995 Kamus besar bhs. Indonesia
Jakarta Balai Pustaka
4.      Wijaya kusuma dan Dedi 2009 Mengamati Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta PT indeks


0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut