PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK )
Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Penerapan Strategi Inkuiri pada Siswa
MA. Binuangeun
Disusun Sebagai Salah Satu Syarat PLPG Tahap 13 Wira Carita
Tahun 2011
Oleh : Andi Suhandi, S.Pd
No. Pes : 11280215420150
PELATIHAN PROFESI GURU ( PLPG ) TAHAP 13 RAYON 09
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA ( UNJ )
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
belakang Masalah
Pendidikan di Indonesia diharapkan
dapat mempersiapkan peserta didik menjadi warga Negara yang memiliki komitmen
kuat dan konsisten untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Komitmen yang kuat dan konsisten
terhadap prinsip dan semangat kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, perlu
ditingkatkan terus menerus untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang
Negara Kesatuan Republik Indonesia. Konstitusi Negara Republik Indonesia perlu
ditanamkan kepada seluruh komponen bangsa Indonesia, khususnya generasi muda
sebagai generasi penerus.
Indonesia harus menghindari sistem
pemerintahan yang memasung hak-hak asasi manusia, hak-hak warganegara untuk
dapat menjalankan prinsip-prinsip demokrasi. Kehidupan yang demokratis didalam
kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat,
pemerintahan, dan organisasi-organisasi non pemeritahan perlu dikenal,
dipahami, diinternalisasi, dan diterapkan demi terwujudnya pelaksanaan
prinsip-prinsip demokrasi serta demi peningkatan martabat kemanusian,
kesejahteraan, kebahagiaan, kecerdasan dan keadilan.
Mata Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan
warganegara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk
menjadi warga Negara yang baik, yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang
diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945.
Kondisi salah satu ketidak aktifan
dalam proses pembelajaran PKn yang terjadi di ruang kelas selalu terajdi siswa
lebih cenderung diam (Pasif), maka dengan cara memalalui Penerapan Strategi
Inkuiri siswa dapat lebih aktif dan kondusif
Sebagai
tenaga pendidik banyak upaya agar siswa dalam metode pembelajaran agar tercapai
sesuai dengan harapan. Dalam hal ini, maka Peneliti Tindakan Kelas (PTK),
merumuskan sebuah judul “Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Penerapan
Strategi Inkuiri pada Siswa MA. Binuangeun Kelas XI”
B.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah tersebut diatas, maka dapat
dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut :
1.
Apakah pembelajaran metode Penerapan
Strategi Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa MA.
Binuuangeun ?
2.
Bagaimanakah metode penerapan
strategi inkuiri dikelas dalam mata pelajaran PKn?
C.
Tujuan
Penelitian
Tujuan Peneliti Tindakan Kelas (PTK) ini, adalah untuk meningkatkan
kemampuan dan dapat memecahkan masalah-masalah yang terjadi pada mata pelajaran
PKn khususnya dikelas XI pada MA. Binuangeun,
juga pemeblajaran PKn menjadi lebih menyenangkan dan menimbulkan
kretifitas.
D.
Manfaat
Penelitian
1.
Proses pembelajaran terarah,
menyenangkan serta dapat meningkatkan profesionalitas guru dalam mengajar
2.
Dengan variasi metode mengajar maka
siswa tidak merasa monoton dalam pembelajaran dan akan bepengaruh dalam hasil
belajar.
BAB. II
KAJIAN PUSTAKA
A.
Kajian
Teori
1.
Metode Inkuiri
Inkuiri berasal dari bahasa Inggris
yaitu inquiry yang berarti pertanyaan atau pemeriksaan, penyelidikan.
Inkuiri merupakan proses umum yang dilakukan manusia untuk mencari atai
memahami informasi.
Oemar Hamalik (1999) menyatakan bahwa
pengajaran berdasarkan inkuiri (inquiry based teaching) adalah suatu
strategi yang berpusat pada siswa (student-centered-strategy) dimana
kelompok-kelompok siswa ke dalam suatu persoalan atau mencari jawaban terhadap
pertanyaan-pertanyaan didalam suatu prosedur dan struktur kelompok yang
digariskan secara jelas (Kasau, 2009: 10).
Aunurrahman (dalam Kasau, 2009: 10)
menyatakan bahwa pembelajaran melalui metode inkuiri, siswa diarahkan
pada suatu proses dalam rangka mengkaji dan menjelaskan suatu fenomena khusus.
Tujuannya adalah mengembangkan keterampilan intelektual yang diperlukan untuk
mengajukan pertanyaan dan menemukan jawabannya berdasarkan rasa ingin tahunya.
Melalui kegiatan ini diharapkan siswa aktif mengajukan pertanyaan “mengapa
suatu terjadi?” kemudian mencari dan mengumpulkan serta memproses data secara
logis untuk selanjutnya mengembangkan strategi intelektual yang dapat digunakan
untuk menemukan jawaban atas pertanyaan mengapa sesuatu terjadi.
Peran guru dalam pembelajaran adalah
sebagai motivator, fasilitator, dan mediator. Oleh karena itu, keterampilan
yang harus dikuasai guru antara lain:
1.
kemampuan metodologi dan pemikiran teoritik;
2.
kemampuan meneprapkan konsep; dan
3.
kemampuan memberikan apresiasi.
B.
Temukan
Hasil Penelitian Yang Relevan
Metode inkuiri adalah
salah satu metode pembelajaran yang dapat dijadikan metode dalam pembelajaran
bahasa Indonesia. Metode inkuiri dapat dilakukan secara individu, kelompok atau
klasikal, serta dengan cara tanya-jawab, diskusi atau kegiatan yang dilakukan
di dalam maupun di luar kelas.
Langkah-langkah
pembelajaran yang dapat dilakukan menurut Gulo (Kasau, 2009: 10) adalah :
1. mengajukan pertanyaan atau
permasalahan;
2. merumuskan hipotesis;
3. mengumpulkan data;
4. analisis data; dan
5. menarik kesimpulan.
C.
Kerangka
Pikir
1.
Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui
Penerapan Strategi Inkuiri pada Siswa MA. Binuangeun Kelas XI
Hasil belajar adalah segala kemampuan yang dapat dicapai siswa melalui
proses belajar yang berupa pemahaman dan penerapan pengetahuan dan keterampilan
yang berguna bagi siswa dalam kehidupannya sehari-hari serta sikap dan cara
berpikir kritis dan kreatif dalam rangka mewujudkan manusia yang berkualitas,
bertanggung jawab bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara serta
bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa.
BAB. III
PROSEDUR / METODE PENELITIAN
A.
Lokasi dan
Waktu
Waktu pelaksanaan Penelitian ini dari mulai Bulan November tanggal, 01 Tahun 2011, adapun tempat penelitian dilaksanakan
terhadap siswa MA. Binuangeun -
Wanasalam
B.
Subyek
Subjek penelitian adalah keals XI berjumlah 42 Siswa, Jumlah siswa permpuan
24 siswa dan jumlah siswa laki-laki 18
siswa, siswa yang rata-rata berusia, 15-16 Tahun
C.
Prosedur
Dalam pelaksnaan penelitian ini, terlebih dahulu menuliskan pokok dan rencana
kegiatan penelitian dalam suatu table contoh berikut ini :
Siklus I
|
Perencanaan :
identifikasi masalah dan penetapan
alternatif memachkan masalah
|
Ø Merencanakan
Pembelajaran yang akan diterapkan dalam Proses Pembelajaran
Ø Menentukan
materi pokok dalam pembahasan
Ø Mengembanghkan
skenario pembelajaran
Ø Menyusun
LKS
Ø Menyiapkan
sumber belajar
|
Tindakan
|
Ø Menerapkan
tindakan dan sesuai yang akan direncanakan dan LKS
Ø Dilakukan
2 x pertemuan
Ø Menerapkan
tindakan
|
|
Pengamatan
|
Ø Melakukan
observasi dengan memakai format observasi
Ø Menilai
hasil tindakan dengan menggunakan format lks
|
|
Refleksi
|
Ø Melakukan
evaluasi tindakan yang telah dilakukan meliputi evaluasi mutu, jumlah, dan
waktu dari setiap macam, tindakan
Ø Melakukan
pertemuan untuk membahas hasil evaluasi tentang skenario LKS, respon siswa
terhadap tindakan yang dilakukan
Ø Memperbaiki
pelaksanaan tindakan sesuai hasil
evaluasi untuk digunakan pada siklus berikutnya
Ø Evaluasi
tindakan siklus 1
|
|
Siklus II
|
Perencanaan
|
Ø Identifikasi
masalah berdasrkan hasil refleksi dan penetapan alternatif
|
Tindakan
|
Ø Pelaksanaan
rencana tindakan siklus II
|
|
Observasi
|
Ø Pengumpulan
data tindakan siklus II
|
|
Refleksi
|
Ø Evaluasi
tindakan II
|
D.
Jadwal Kegitan
No
|
Rencana Kegiatan
|
Waktu (Minggu Ke)
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
||
1
|
Persiapan
|
|||||||||||
Menyususn Konsep Pelaksanaan (RPP)
|
X
|
|||||||||||
Menyepakati jadwal dan tugas menyusun instrumen
|
x
|
|||||||||||
Diskusi konsep pelaksanaan
|
X
|
|||||||||||
2
|
Pelaksanaan
|
|||||||||||
Menyiapkan kelas dan sarana penunjang
|
X
|
|||||||||||
Melakukan tindakan siklus I
|
X
|
X
|
||||||||||
Melakukan tindakan siklus II
|
X
|
X
|
||||||||||
3
|
Penyususnan Laporan
|
|||||||||||
MenyususnKonsep Laporan
|
X
|
|||||||||||
Seminarhasil penelitian perbaikan laporan
|
X
|
|||||||||||
Penggandaan laporan
|
X
|
E.
Daftar
Pustaka
1. Dr. Supriyadi, M.Pd. Modul PLPG
2. Pendidikan Kwarganegaraan SMA/MA XI
3. Tim Redaksi 1995 Kamus besar bhs.
Indonesia
Jakarta
Balai Pustaka
4. Wijaya kusuma dan Dedi 2009 Mengamati
Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta PT indeks
0 komentar:
Posting Komentar