RENCANA PELAKSNAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 001 / RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Madrasah : MA. Mathla’ul Anwar Binuangeun
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi pokok : BUDAYA POLITIK
4. Kelas /Program : XI/IPS,IPA
5. Pertemuan Minggu ke : 1
6. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
1. Menganalisis budaya politik di Indonesia
2. Kompetensi Dasar
1.1. Mendeskripsikan pengertian budaya politik
III. INDIKATOR
1. Mendeskripsikan pengertian budaya politik
2. Menjelaskan orientasi masyarakat terhadap suatu system politik
IV. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu (Menit) Aspek Laifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen dan mngetahui kondisi siswa 15’ - Disiplin siswa
- Kerja sama
- Keterampilan
2. Kegiatan inti
- Menyampaikan kompetnsi yang ingin dicapai
- Penjelasan materi
- Tanya jawab
- Latihan (tugas individu) 55’ - Kerja sama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji diri
3. Penutup
- Evaluasi/tanya jawab
- Penenangan 20’ - pengendalian diri
Mengetahu,
Kepla Madrasah
Mahripudin, S.Pd Binuangeun, …………………..2010
Guru Mata Pelajaran
Andi Suhandi, S.Pd
RENCANA PELAKSNAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 002 / RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Madrasah : MA. Mathla’ul Anwar Binuangeun
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi pokok : BUDAYA POLITIK
4. Kelas /Program : XI/IPS,IPA
5. Pertemuan Minggu ke : 2
6. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
1. Menganalisis budaya politik di Indonesia
2. Kompetensi Dasar
1.2. Menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkemabang dalam masyarakat Indonesia
III. INDIKATOR
1. Mengidentifikasi tipe-tipe budaya menurut Almound, dkk
2. Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia
IV. STARATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu (Menit) Aspek Laifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen dan mngetahui kondisi siswa
- Melihat situasi lingkungan dalm kebersihan 15’ - Disiplin siswa
- Kerja sama
- Keterampilan
- Kebersihan
2. Kegiatan inti
- Menyampaikan kompetnsi yang ingin dicapai
- Penjelasan materi
- Diskusi 55’ - Kerja sama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Aktif
4. Penutup
- Evaluasi/tanya jawab
- Menyimpulkan 20’ - pengendalian diri
- diskusi
Mengetahu,
Kepla Madrasah
Mahripudin, S.Pd Binuangeun, …………………..2010
Guru Mata Pelajaran
Andi Suhandi, S.Pd
RENCANA PELAKSNAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 003 / RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Madrasah : MA. Mathla’ul Anwar Binuangeun
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi pokok : BUDAYA POLITIK
4. Kelas /Program : XI/IPS,IPA
5. Pertemuan Minggu ke :3
6. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
1. Menganalisis budaya politik di Indonesia
2. Kompetensi Dasar
1.3. Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik
V. INDIKATOR
1. Mendeskripsikan budaya politik partisipan di Indonesia
VI. STARATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu (Menit) Aspek Laifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen dan mngetahui kondisi siswa 15’ - Disiplin siswa
- Kerja sama
- Keterampilan
- Kebersihan
2. Kegiatan inti
- Menyampaikan kompetnsi yang ingin dicapai
- Penjelasan materi
- Diskusi 55’ - Kerja sama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Aktif
5. Penutup
- Evaluasi/tanya jawab
- Penenangan 20’ - pengendalian diri
Mengetahu,
Kepla Madrasah
Mahripudin, S.Pd Binuangeun, …………………..2010
Guru Mata Pelajaran
Andi Suhandi, S.Pd
RENCANA PELAKSNAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 004 / RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Madrasah : MA. Mathla’ul Anwar Binuangeun
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi pokok : BUDAYA POLITIK
4. Kelas /Program : XI/IPS,IPA
5. Pertemuan Minggu ke : 4
6. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
1. Menganalisis budaya politik di Indonesia
2. Kompetensi Dasar
1.4. Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik
III. INDIKATOR
1. Menampilkan peran serta budaya politik partisipan
2. Menjelaskan arti pentingnya sosialisasi budaya politik
IV. STARATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu (Menit) Aspek Laifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen dan mngetahui kondisi siswa 15’ - Menampilkan sikap Disiplin siswa
- Keterampilan
- Kebersihan
2. Kegiatan inti
- Menyampaikan kompetnsi yang ingin dicapai
- Penjelasan materi
- Diskusi 55’ - Kerja sama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Aktif
3 Penutup
- Evaluasi/tanya jawab
- Penenangan 20’ - pengendalian diri
- bagi kelompok
Mengetahu,
Kepla Madrasah
Mahripudin, S.Pd Binuangeun, …………………..2010
Guru Mata Pelajaran
Andi Suhandi, S.Pd
RENCANA PELAKSNAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 005 / RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Madrasah : MA. Mathla’ul Anwar Binuangeun
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi pokok : BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI
4. Kelas /Program : XI/IPS,IPA
5. Pertemuan Minggu ke : 5
6. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
2. Menganalisis budaya politik demokrasi menuju masyarkat madani
2 Kompetensi Dasar
2.1. Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi
III. INDIKATOR
1. Mendeskripsikan pengertian budaya demokrasi
2. Mendeskripsikan prinsip-prinsip budaya demokrasi
IV. STARATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu (Menit) Aspek Laifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen dan mngetahui kondisi siswa
- Persiapan siswa dalam kegiatan belajar 15’ - Sikap aktif pada siswa
- Kerja sama
- Keterampilan
- Kebersihan
2. Kegiatan inti
- Menyampaikan kompetnsi yang ingin disampaikan
- Penjelasan materi
- Ceramah 55’ - Kerja sama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Aktif
3 Penutup
- Evaluasi/tanya jawab
- Menyimpulkan materi yang telah disampaikan 20’ - pengendalian diri
- argumentsi
Mengetahu,
Kepla Madrasah
Mahripudin, S.Pd Binuangeun, …………………..2010
Guru Mata Pelajaran
Andi Suhandi, S.Pd
RENCANA PELAKSNAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 006. / RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Madrasah : MA. Mathla’ul Anwar Binuangeun
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi pokok : BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI
4. Kelas /Program : XI/IPS,IPA
5. Pertemuan Minggu ke : 6
6. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
2. Menganalisis budaya politik demokrasi menuju masyarkat madani
2 Kompetensi Dasar
2.3. Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi
III. INDIKATOR
1. Mendeskripsikan pengertian masyarakat demokrasi
2. Mengidentifikasi masyarakat madani STARATEGI PEMBELAJARAN
IV. STARATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu (Menit) Aspek Laifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen dan mngetahui kondisi siswa
- Cek in siswa dalam persiapan kegiatan belajar 15’ - Disiplin siswa
- Kerja sama
- Keterampilan
- Kebersihan
2. Kegiatan inti
- Menyampaikan kompetnsi yang ingin disampaikan
- Penjelasan materi
- Tugas siswa 55’ - Kerja sama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Aktif
3 Penutup
- Evaluasi/tanya jawab
- Memberikan tugas kelompok 20’ - pengendalian diri
- tugas kliping
Mengetahu,
Kepla Madrasah
Mahripudin, S.Pd Binuangeun, …………………..2010
Guru Mata Pelajaran
Andi Suhandi, S.Pd
RENCANA PELAKSNAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 007. / RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Madrasah : MA. Mathla’ul Anwar Binuangeun
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi pokok : BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI
4. Kelas /Program : XI/IPS,IPA
5. Pertemuan Minggu ke : 6
6. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
2. Menganalisis budaya politik demokrasi menuju masyarkat madani
2 Kompetensi Dasar
2.4. Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
III. INDIKATOR
1. Menunjukan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
IV. STARATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu (Menit) Aspek Laifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen dan mngetahui kondisi siswa
- Cek in siswa dalam persiapan kegiatan belajar 15’ - Disiplin siswa
- Kerja sama
- Keterampilan
- Kebersihan
2. Kegiatan inti
- Menyampaikan kompetnsi yang ingin disampaikan
- Penjelasan materi
- Tugas siswa 55’ - Kerja sama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Aktif
3 Penutup
- Evaluasi/tanya jawab
- Memberikan tugas kelompok 20’ - pengendalian diri
- tugas individu
Mengetahu,
Kepla Madrasah
Mahripudin, S.Pd Binuangeun, …………………..2010
Guru Mata Pelajaran
Andi Suhandi, S.Pd
RENCANA PELAKSNAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 008. / RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Madrasah : MA. Mathla’ul Anwar Binuangeun
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi pokok : KETERBUKAAN DAN KEADILAN DALAM KEHIDUPAN
BERBANGSA DAN BENEGARA
4. Kelas /Program : XI/IPS,IPA
5. Pertemuan Minggu ke : 8
6. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
2 Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2. Kompetensi Dasar
3.1. Mendeskripsikan pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
III. INDIKATOR
1. Mendeskripsikan pengertian dan keterbukaan dan keadailan
IV. STARATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu (Menit) Aspek Laifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen dan mngetahui kondisi siswa
- Siswa mempersiapkan diri untuk kegiatan belajar mengajar 15’ - Disiplin siswa
- Kerja sama
- Keterampilan
- Kebersihan
2. Kegiatan inti
- Menyampaikan kompetnsi yang ingin disampaikan
- Penjelasan materi
- Tugas siswa 55’ - Kerja sama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Aktif
3 Penutup
- Evaluasi/tanya jawab
- Memberikan tugas kelompok 20’ - pengendalian diri
- tugas Kelompok
Mengetahu,
Kepla Madrasah
Mahripudin, S.Pd Binuangeun, …………………..2010
Guru Mata Pelajaran
Andi Suhandi, S.Pd
RENCANA PELAKSNAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 009. / RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Madrasah : MA. Mathla’ul Anwar Binuangeun
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi pokok : KETERBUKAAN DAN KEADILAN DALAM KEHIDUPAN
BERBANGSA DAN BENEGARA
4. Kelas /Program : XI/IPS,IPA
5. Pertemuan Minggu ke : 9
6. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
3 Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2 Kompetensi Dasar
3.2. Menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
III. INDIKATOR
1. Menguraikan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
IV. STARATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu (Menit) Aspek Laifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen dan mngetahui kondisi siswa
- Mengulas pembelajaran materi yang sudah disampaikan 15’ - Disiplin siswa
- Kerja sama
- Keterampilan
- Kebersihan
2. Kegiatan inti
- Menyampaikan kompetnsi yang ingin dicapai
- Penjelasan materi
- Megerjakan soal latihan 55’ - Kerja sama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Aktif
3 Penutup
- Evaluasi/tanya jawab
- Memberikan tugas kelompok 20’ - pengendalian diri
- ulangan harian
Mengetahu,
Kepla Madrasah
Mahripudin, S.Pd Binuangeun, …………………..2010
Guru Mata Pelajaran
Andi Suhandi, S.Pd
RENCANA PELAKSNAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 010. / RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Madrasah : MA. Mathla’ul Anwar Binuangeun
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi pokok : KETERBUKAAN DAN KEADILAN DALAM KEHIDUPAN
BERBANGSA DAN BENEGARA
4. Kelas /Program : XI/IPS,IPA
5. Pertemuan Minggu ke : 10
6. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
2. Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2 Kompetensi Dasar
3.3. Menunjukan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
III. INDIKATOR
1. Menunjukan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2. STARATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu (Menit) Aspek Laifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen dan mngetahui kondisi siswa
- Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkomentar 15’ - Disiplin siswa
- Kerja sama
- Keterampilan
- Kebersihan
2. Kegiatan inti
- Menyampaikan kompetnsi yang ingin dicapai
- Penjelasan materi
- Megerjakan soal latihan 55’ - Kerja sama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Aktif
3 Penutup
- Evaluasi/tanya jawab
- Memberikan tugas kelompok 20’ - pengendalian diri
- resume
Mengetahu,
Kepla Madrasah
Mahripudin, S.Pd Binuangeun, …………………..2010
Guru Mata Pelajaran
Andi Suhandi, S.Pd
RENCANA PELAKSNAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 010. / RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Madrasah : MA. Mathla’ul Anwar Binuangeun
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi pokok : HUBUNGAN INTERNASIONAL DAN ORGANISASI INTERNASIONAL
4. Kelas /Program : XI/IPS,IPA
5. Pertemuan Minggu ke : 11
6. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
7. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
3. Standar Kompetensi
4. Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasioanl
3 Kompetensi Dasar
4.1. Mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi sutau negara
8. INDIKATOR
Mendeskripsikan pengertian hubungan internasional
3. STARATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu (Menit) Aspek Laifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen dan mngetahui kondisi siswa
- Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkomentar 15’ - Disiplin siswa
- Kerja sama
- Keterampilan
- Kebersihan
2. Kegiatan inti
- Menyampaikan kompetnsi yang ingin dicapai
- Penjelasan materi
- Diskusi dan Tanya jawab 55’ - Kerja sama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Aktif
3 Penutup
- Evaluasi/tanya jawab
- Memberikan tugas kelompok 20’ - pengendalian diri
- resume
Mengetahu,
Kepla Madrasah
Mahripudin, S.Pd Binuangeun, …………………..2010
Guru Mata Pelajaran
Andi Suhandi, S.Pd
Kamis, 30 Desember 2010
17.23
MAS. MA. BINUANGEUN
0 komentar:
Posting Komentar