Jumat, 07 Januari 2011

RPP BIOLOGI X/1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


(RPP)



Satuan Pendidikan : MAS MA BINUANGEUN

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/Semester : X/1

Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan)







Standar Kompetensi : Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu

Kompetensi Dasar : - Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi

- Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma)

Indikator : - Memahami biologi sebagai ilmu pengetahuan

- Menjelaskan metode dalam ilmu biologi

- Menyebutkan manfaat ilmu biologi

- Menjelaskan objek biologi

- Menjelaskan dan memahami permasalahan biologi



A. Tujuan Pembelajaran

- Siswa dapat mengidentifikasi ruang lingkup Biologi

- Siswa dapat mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma)

B. Materi Pembelajaran

Hakikat biologi sebagai ilmu

Pertemuan Ke-1

1. Biologi merupakan ilmu pengetahuan alam yang selalu mengalami perkembangan sesuai dengan kemajuan iptek

2. Ciri-ciri biologi

3. Kedudukan biologi di antara ilmu-ilmu lain

4. Metode dalam ilmu biologi: mengobservasi, menggolongkan, menafsirkan, memprakirakan, mengajukan pertanyaan, mengidentifikasi variabel

5. Metode yang dipakai untuk memecahkan masalah: merumuskan masalah, menguji hipotesis

6 Manfaat ilmu biologi: kedokteran, pertanian, peternakan dan perikanan, industri, farmasi

Pertemuan ke-2 dan 3

1. Biologi sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan memiliki objek kajian yang sangat banyak.

2. Struktur organisasi kehidupan dalam berbagai tingkat dapat dijelaskan: organisasi kehidupan tingkat molekul, organisasi yang terdiri atas satu sel, organisasi kehidupan tingkat jaringan, organisasi kehidupan tingkat organ, organisasi kehidupan tingkat sistem organ, organisasi kehidupan tingkat individu, organisasi kehidupan tingkat populasi, organisasi kehidupan tingkat ekosistem

3. Dengan mempelajari biologi diharapkan dapat memanfaatkan pengetahuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

C. Metode Pembelajaran

Diskusi kelompok, tanya jawab, dan penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Ke-1

Pendahuluan

Apersepsi:

1. Siswa diberi pemahaman tentang pengertian manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna





2.Motivasi:

Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami biologi sebagai ilmu pengetahuan

Kegiatan Inti

1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami ciri-ciri biologi

2. Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa dapat memahami metode dalam ilmu biologi

3. Dengan diskusi dan tanya jawab memahami manfaat ilmu biologi

4. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang faktor-faktor yang mempengaruhi biologi sebagai ilmu pengetahuan

Penutup

1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2. Siswa dan guru melakukan refleksi

Pertemuan Ke-2 dan 3

Pendahuluan

Apersepsi:

1. Siswa diberi pemahaman tentang biologi sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan

2. Motivasi:

Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami objek dan permasalahan biologi

Kegiatan Inti

1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami biologi sebagai cabang ilmu pengetahuan

2. Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa dapat memahami manfaat ilmu biologi

3. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang objek dan permasalahan biologi

Penutup

1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2. Siswa dan guru melakukan refleksi

E. Alat dan Bahan

1. Alat : -

2. Sumber belajar :

- Buku paket

- Buku lain yang relevan

- LKS TUNTAS



F. Penilaian

1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu

2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis

3. Instrumen/soal:

1. Sebutkan ciri-ciri biologi sebagai ilmu!

2. Jelaskan perbedaan anatomi dan fisiologi!

3. Jelaskan manfaat biologi di bidang peternakan!

4. Jelaskan jenis-jenis variabel penelitian!

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:

Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)



Binuangeun,………………………. 2011

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran







Mahripudin.S,Pd Rijal Zamani. S,Pd



























































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan : MAS MA BINUANGEUN

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/Semester : X/1

Alokasi Waktu : 20 jam pelajaran (10 x pertemuan)







Standar Kompetensi: Memahami prinsi-prinsip pengelompokkan makhluk hidup

Kompetensi Dasar :

- Mendeskripsikan cirri-ciri, replikasi dan peran virus dalam kehidupan

- Mendeskripsikan cirri-ciri Archaebacteria dan Eubacteria dan perannya bagi kehidupan

- Mendeskripsikan cirri-ciri umum Filum dalam kingdom Protista dan perannya bagi kehidupan

Indikator : - Memahami tentang virus dan ciri-cirinya

- Menyebutkan jenis virus dan menjelaskan perannya dalam kehidupan

- Memahami dan menjelaskan bakteri dan ciri-cirinya

- Memahami Protista dan ciri-cirinya

- Menjelaskan tentang Protista mirip tumbuhan salah satunya adalah alga



A. Tujuan Pembelajaran

- Siswa dapat mendeskripsikan cirri-ciri, replikasi dan peran virus dalam kehidupan

- Siswa dapat mendeskripsikan cirri-ciri Archaebacteria dan Eubacteria dan perannya bagi kehidupan

- Siswa dapat mendeskripsikan cirri-ciri umum Filum dalam kingdom Protista dan perannya bagi kehidupan

B. Materi Pembelajaran

Klasifikasi makhluk hidup

Pertemuan Ke-4 dan 5

1. Virus merupakan makhluk hidup sangat kecil yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang

2. Virus merupakan garis batas hidup dan tak hidup

3. Ciri-ciri virus: makhluk subrenik, bentuk bola, oval, batang, silindris, kubus, huruf T dan tak beraturan, ukuran 2 – 20 milimikron, struktur tubuh virus kepala kapsid dari protein, DNA asam deoksiribonukleat, RNA asam ribonukleat, ekor terdiri atas serabut ekor dan keping dasar, tidak punya protoplasma dan organel, dapat dikristalkan dan berkembang biak

4. Jenis virus: merugikan dan menguntungkan

5. Virus yang menguntungkan: pembuatan antitoksin, untuk melemahkan bakteri, dan untuk memproduksi vaksin

Pertemuan Ke-6 s.d. 8

1. Bakteri merupakan kelompok makhluk hidup yang berukuran sangat kecil, yaitu bersel tunggal sehingga untuk melihatnya menggunakan bantuan mikroskop

2. Bakteri dibagi menjadi dua subkingdom: Archaebacteria dan Eubacteria

3. Peranan bakteri bagi manusia ada yang menguntungkan dan ada yang merugikan

4. Bakteri yang menguntungkan untuk pengurai, nitrifikasi nitrogen, bakteri usus, fermentasi, dan penghasil antibiotik

Pertemuan Ke-9 dan 10

1. Protista diduga sebagai hewan pertama kali yang hidup dei dunia ini

2. Protista hidup bebas di air, daerah lembap, dan bersimbiosis dengan organisme lain

3. Protista mirip hewan, yang termasuk golongan ini adalah Protozoa

4. Protista mirip jamur, menpunyai struktur tubuh dan cara reproduksi yang berbeda dari kelompok jamur pada umumnya, gerakan dan reproduksinya mirip Amoeba sehingga dimasukkan dalam anggota Protista

Pertemuan Ke-11 s.d. 13

1. Protista mirip tumbuhan yang termasuk adalah alga

2. Alga memiliki bentuk dan ukuran yang beraneka ragam, ada yang mikroskopis, bersel satu, berbentuk benang atau pita, bersel banyak, dan berbentuk lembaran yang disebut talus

C. Metode Pembelajaran

Diskusi kelompok, tanya jawab, dan penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Ke-4 dan 5

Pendahuluan

Apersepsi:

Siswa diberi pemahaman tentang mikroorganisme

Motivasi:

Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami virus, jenis, dan perannya dalam kehidupan manusia

Kegiatan Inti

1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami pengertian virus dan ciri-cirinya

2. Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa dapat memahami peran virus bagi kehidupan manusia

3. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang virus, jenis dan perannya dalam kehidupan manusia

Penutup

1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2. Siswa dan guru melakukan refleksi

Pertemuan Ke-6 s.d. 8

Pendahuluan

Apersepsi:

Siswa diberi pemahaman tentang bakteri

Motivasi:

Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami bakteri

Kegiatan Inti

1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami pengertian bakteri

2. Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa dapat memahami dan menjelaskan peranan bakteri bagi manusia

3. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang bakteri

Penutup

1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2. Siswa dan guru melakukan refleksi

Pertemuan Ke-9 dan 10

Pendahuluan

Apersepsi:

Siswa diberi pemahaman tentang pengertian Protista

Motivasi:

Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami Protista

Kegiatan Inti

1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami kelompok Protista

2. Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa dapat memahami Protista mirip jamur

3. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang Protista

Penutup

1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2. Siswa dan guru melakukan refleksi





Pertemuan Ke-11 s.d. 13

Pendahuluan

Apersepsi:

Siswa diberi pemahaman tentang pengertian Protista

Motivasi:

Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami Protista mirip tumbuhan

Kegiatan Inti

1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami ciri-ciri alga

2. Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa dapat memahami contoh alga

3. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang Protista mirip tumbuhan

Penutup

1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2. Siswa dan guru melakukan refleksi

E. Alat dan Bahan

1. Alat :

2. Sumber belajar :

- Buku paket

- Buku lain yang relevan

- LKS TUNTAS

F. Penilaian

1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu

2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis

3. Instrumen/soal:

1. Jelaskan struktur bakteriofage!

2. Jelaskan peranan virus yang menguntungkan bagi manusia!

3. Apa yang dimaksud dengan bakteri autotrof dan heterotrof?

4. Penggolongan Protozoa berdasarkan atas ....

a. alat gerak

b. bentuk tubuh

c. ukuran tubuh

d. pigmen

e. cara memperoleh makan

5. Sebutkan jenis-jenis ganggang berdasarkan pigmen dominan yang dimiliki!



Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:

Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)







Binuangeun,………………………. 2011

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran







Mahripudin.S,Pd Rijal Zamani. S,Pd









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan : MAS MA BINUANGEUN

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/Semester : X/1

Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran (5 x pertemuan)





Standar Kompetensi : Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup

Kompetensi Dasar :

- Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan

Indikator : - Memahami tentang jamur

- Menjelaskan ciri-ciri jamur

- Menyebutkan jenis-jenis jamur



A. Tujuan Pembelajaran

- Siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literature serta peranannya bagi kehidupan



B. Materi Pembelajaran

Jamur

Pertemuan Ke-14 s.d. 18

1. Ciri-ciri jamur: uniseluler dan multiseluler, struktur tubuh tersusun atas hifa, merupakan tumbuhan bertalus, reproduksi aseksual dan seksual, tempat hidup: tempat yang lembap, kaya akan zat organik, agak asam, kurang cahaya, cara hidup: heterotrof, saprofit, parasit

2. Klasifikasi jamur: Ascomycotina, Basidiomycotina, Deuteromycotina, Zygomycotina



C. Metode Pembelajaran

Diskusi kelompok, tanya jawab, dan penugasan



D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Ke-14 s.d. 18

Pendahuluan

Apersepsi:

1. Siswa diberi pemahaman tentang jamur

Motivasi:

Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami ciri-ciri dan jenis-jenis jamur



Kegiatan Inti

1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami dan menjelaskan ciri-ciri jamur

2. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang ciri-ciri dan jenis-jenis jamur



Penutup

1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2. Siswa dan guru melakukan refleksi





E. Alat dan Bahan

1. Alat :

2. Sumber belajar :

- Buku paket

- Buku lain yang relevan

- LKS Tuntas



F. Penilaian

1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu

2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis

3. Instrumen/soal:

1. Jamur tidak dapat digolongkan ke dalam dunia tumbuhan karena ....

a. bersifat autotrof

b. mempunyai dinding sel

c. tidak mempunyai klorofil

d. mempunyai hifa

e. mempunyai spora

2. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis spora aseksual jamur!

3. Sebutkan tiga contoh jamur yang menguntungkan manusia!

4. Bagaimana cara reproduksi jamur?















Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:

Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)





Binuangeun,………………………. 2011

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran







Mahripudin.S,Pd Rijal Zamani. S,Pd


0 komentar:

Poskan Komentar

Pengikut