Minggu, 02 Januari 2011

KELAS Xii

PROGRAM TAHUNAN PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN PROGRAM SEMESTER




Mata Pelajaran : Geografi Mata Pelajaran : Geografi

Kelas/Semester : XI/1 Satuan Pendidikan : SMA Kelas/Semester : XI/1

Tahun Pelajaran : 2007/2008 Mata Pelajaran : Geografi Tahun Ajaran : 2007/2008

Standar Kompetensi : Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi,

interaksi dan pengaruhnya terhadap kehidupan No Konsep/ Subkonsep Jml Jam Bulan Ket

Kelas/Semester : XI/1 Juli Agustus September Oktober November Desember Januari

SMT N0 KONSEP/SUBKONSEP ALOKASI WAKTU KET Tahun Pelajaran : 2007/2008 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4

I 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34

1 Biosfer

1,1 Memprediksi dinamika perubahan biosfer dan 18 JP No Kompetensi Dasar Indikator Materi Pelajaran Strategi Pembelajaran Ranah 1 Biosfer 18 x x x x x x

dampaknya terhadap kehidupan di mika bumi Jenis Tagihan Bentuk Tagihan Instrumen K P A Ket 1.1 M e m p r ediksi

d i n a m ika pe

2 Antroposfer 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 rubahan biosfer

1,2 Memprediksi dinamika perubahan antroposfer dan dampaknya 20 JP dan dampaknya

dan dampaknya terhadap kehidupan di mika 1 1.1 Memprediksi * Meng identifi kasi * Flora dan fauna Kuis P i l i h a n 1. Semua jenis t e r h a d a p

bumi d i n a m i k a sebaran flora dan di muka bumi ganda organisme hidup terhidup a n di

pe r ub ah an f a u n a d i * Pe ny e b a r a n pada lapisan bumi muka bumi

3 Persebaran Sumber Daya Alam di Indonesia biosfer d a n permukaan bumi komunitas fauna Uraian disebut …. p e n e r I m a a n r a p o r t

II 1,3 Memprediksi persebaran lokasi sumber daya 19 JP dampak n y a di dunia a. atmosfer 2 Antroposfer 21 x x x x x x x

alam di Indonesia dan pemanfaatannya t e r h a d a p b. biosfer 1.2 M e m p rediksi

ke h id up an * M e n g analis i s * Pe ny e b a r a n c. litosfer dinamika peru -

Jumlah 57 JP di muka bumi persebaran flora fauna wilayah d. hidrosfer bahan antropos

d a n f a u n a di perairan e. geosfer fer dan dampak

1 Sebaran, Pola, dan Hubungan Objek Geografi 30 JP Indonesia 2. Sebutkan contoh nya terhadap ke

1,4 Menyimpulkan informasi tentang persebaran, * Flora dan fauna hewan mamalia di hidupan di muka

pola, dan hubungan antar objek geografi melalui Indonesia daerah tundra bumi

peta dan citra pengindraan jauh. 3. Tiri dan duku adalah 3 Persebaran SDA di 18 x x x x x

* Mengidentifikasi * Hutan jenis tanaman asli di indonesia

2 Konsep Wilayah dan Pusat Pertumbuhan 24 JP kerusakan flora a. Malaysia 1.3 Menprediksi pese

1,5 Kemampuan menerapkan konsep dasar perwilayahan dan fauna sera b. Brunai Darussalam

Perwilayahan. d a m p a k n y a c. Indonesia baran lokasi SDA

t e r h a d a p d. Papua Nugini di Indinesia dan

Jumlah 34 JP kehidupan e. Thailan pemanfaatannya

4. Sebutkan upaya

pelestarian fauna Ujian Blok I x x

langka

5. Sebutkan manfaat Libur Semester I

hutan bakau

Wanasalam, Juli 2007 Jumlah 57

Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran

Keterangan : : Ujian Blok I

: Libur bulan ramadhan dan sesudah Idul Fitri

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran : Ujian Blok II

: Libur semester I

B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md Wanasalam, Juli 2007

Nip. 131123669 Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran



B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md

Nip.131123669 B a r n i, S.Pd Iwan kurniawan, A.Md

RINCIAN MINGGU EFEKTIF Nip. 131123 669

PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas/Semester : XI/1 Satuan Pendidikan : SMA

Tahun Pelajaran : 2007/2008 Mata Pelajaran : Geografi

Standar Kompetensi : Menganalisis gejala alam fisik dan perkembangan bentuk muka bumi serta pelestariannya





I Jumlah minggu dalam semester 1 Kelas/Semester : XI/ 1

Tahun Pelajaran : 2007/2008

No Bulan Jumlah Minggu

1 Juli 4 No Kompetensi Dasar Indikator Materi Pelajaran Strategi Pembelajaran Ranah

2 Agustus 5 Jenis Tagihan Bentuk Tagihan Instrumen K P A Ket

3 September 4

4 Oktober 5 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11

5 Nopember 4

6 Desember 4 1 1.1 Memprediksi * M e n g analis i s * Jumlah penduduk Kuis P i l i h a n 1. Pencatatan mengenai

Total 26 d i n a m i k a k o m p o s i s I * K e l a h i r a n ganda jumlah penduduk yang

pe rubah an p e n d u d u k ber (fertilitas) dilaksanakan secara

II II Jumlah Minggu tidak efektif semester 1 antropos fer dasarkan u m u r * K e m a t I a n Uraian terus menerus dari

d a n dampak dan jenis kelamin (mortalitas) tingkat pemerintah

No Kegiatan Jumlah Minggu nya terhadap terendah disebut ….

1 Kegiatan tengah semester 1 kehidupan di * M e n g h i t u n g * K e p a d a t a n a. survey penduduk

2 Libur bulan Ramadhan & 2 muka bumi p e r t u m buhan penduduk b. sensus penduduk

sesudah hari raya Idul Fitri p e n d u d u k * Kualitas penduduk c. penataan penduduk

4 Ulangan umum semester I 1 suatu wilayah d. registrasi penduduk

5 Persiapan penerimaan 1 e. pencatatan penduduk

raport dan Libur semester I * M e n y a j i k a n * Peta penduduk 2. Sebutkan faktor-faktor

6 libur semester II 2 I n f o r m a s i yang mendudkung

Total 7 ke pendud u k an kemajuan suatu negara

melalui peta, tabel 3. Bentuk piramida penduduk

dan grafik. di negara - negara

III Jumlah minggu efektif dalam semester 1 berkembang pada

Jumlah minggu dalam semester 1 - jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1 = umumnya ….

26 - 7 = 19 Minggu a.granat

b. stationer

c. nisan

d. konstruktif

Wanasalam, Juli 2007 e. ksponensif

Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran 4. Jelaskan yang dimaksud

pertumbuhan penduduk

alami dan pertumbuhan

penduduk total?

5. Apakah yang dimaksud

B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md dengan angka harapan

Nip. 131123669 jidup



PENGEMBANGAN SILABUS



Wanasalam, Juli 2007

Satuan Pendidikan : SMA Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

Mata Pelajaran : Geografi

Standar kompetensi : Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi, interaksinya

dan pengaruhnya terhadap kehidupan

Kelas/Semester : XI/1

Tahun Pelajaran : 2007/2008 B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md

Nip.131123669



Konsep/Subkonsep Materi Pelajaran Strategi Pembelajaran Waktu Ket

Metode Sarana

1 2 3 4 5 6



1.1 Memprediksi dinamika * Flora dan fauna di mu- Ceramah Sebelumnya siswa 18 JP

perubahan biosfer dan ka bumi telah mempelajari

dampaknya terhadap * Penyebaran komunitas Tanya bumi dan bagian-

kehidupan di muka fauna di Indonesia jawab bagiannya serta

bumi * Penyebaran fauna wi- membuat rangkum

layah perairan Diskusi an

* Flora dan fauna Indo-

nesia Tugas

* Hutan











Wanasalam, Juli 2007

Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran







B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md

Nip. 131123669 Nip. 131123669



PENGEMBANGAN SILABUS REKAYASA PEMBELAJARAN



Satuan Pendidikan : SMA

Satuan Pendidikan : SMA Mata Pelajaran : Geografi

Mata Pelajaran : Geografi Kelas/Semester : XI/1

Standar kompetensi : Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi, interaksinya Materi Pokok : Biosfer

dan pengaruhnya terhadap kehidupan Pertemuan ke : 1 s/d 2

Kelas/Semester : XI/ 1 Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas

Tahun Pelajaran : 2007/2008 Waktu : 2 x pertemuan (4 x 45 menit)

1. Standar Kompetensi : Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi, interaksinya dan pengaruh

nya terhadap kehidupan

Konsep/Subkonsep Materi Pelajaran Strategi Pembelajaran Waktu Ket 2. Konsep Dasar : 1.1 Memprediksi dinamika perubahan biosfer dan dampaknya

Metode Sarana terhadap kehidupan di muka bumi

1 2 3 5 6 3. Materi Pelajaran : * Flora dan fauna di muka bumi

* Pembagian lingkungan (biocycle) flora

1.1 Memprediksi dinamika * Jumlah penduduk Ceramah sebelum n y a secara 22 JP 4. Strategi Pembelajaran

perubahan antroposfer dan * Kelahiran (fertilitas) garis besar siswa per No Kegiatan Pembelajaran Waktu (menit) Aspek/Life skill

dan dampaknya ter * Kematian (mortalitas) Tanya nah mendengar p e n yang Dikembangkan

hadap kehidupan di * Kepadatan penduduk jawab j e l a s a n masalah

bumi * Kualitas penduduk kependudukan 1 Pendahuluan 15 menit Personil akademik

* Peta penduduk Diskusi * Motifasi : Pe r l u n y a siswa mempelajari bumi seisinya

sehubungan dengan kehidupan manusia

Tugas * Prasyarat : Sebelumnya siswa telah mempelajari bumi dan

bagian-bagiannya



2 Kegiatan 150 menit

* Guru : Memberikan penjelasan flora d a n fauna yang

ada di muka bumi serta pembagian lingkungan

(biocycle) flora

* Siswa : Memperhatikan p e n j e l a s a n guru d a n

Wanasalam, Juli 2007 menanyakan hal-hal yang dirasa kurang jelas

Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran

3 Penutup : * Diskusi 15 menit

* Menarik kesimpulan



5. Media Pembelajaran

B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md * Sarana pembelajaran

Nip. 131123669 * Sumber pembelajaran : ^ Buku Paket Geografi

^ Buku Geografi yang relevan

^ Peta Dunia

6. Penilaian :

a. Jenis tagihan : Kuis

b. Tindak lanjut :

* Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 60%

* Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 60%



Wanasalam, Juli 2007

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran





B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md





Nip.131123669



REKAYASA PEMBELAJARAN



Satuan Pendidikan : SMA

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas/Semester : XI/1

Materi Pokok : Biosfer

Pertemuan ke : 3 s/d 4

Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas

Waktu : 2 x pertemuan (4 x 45 menit)

1. Standar Kompetensi : Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi, interaksinya dan pengaruh

nya terhadap kehidupan

2. Konsep Dasar : 1.1 Memprediksi dinamika perubahan biosfer dan dampaknya

terhadap kehidupan di muka bumi

3. Materi Pelajaran : * Penyebaran komunitas fauna di dunia

* Penyebaran fauna wilayah perairan

4. Strategi Pembelajaran

No Kegiatan Pembelajaran Waktu (menit) Aspek/Life skill

yang Dikembangkan



1 Pendahuluan 15 menit Personil akademik

* Motifasi : Pentingnya siswa mempelajari aneka flora dan

fauna di muka bumi

* Prasyarat : Sebelumnya siswa telah mempelajari pembagi

an lingkungan flora



2 Kegiatan 150 menit

* Guru : Menerangkan penyebaran komunitas fauna di

dunia dan fauna wilayah perairan



* Siswa : Memperhatikan penjelasan guru dan bertanya

bila belum jelas



3 Penutup : * Diskusi 15 menit

* Tugas



5. Media Pembelajaran

* Sarana pembelajaran : ^ Peta

* Sumber pembelajaran : ^ Buku Geografi lain yang relevan



6. Penilaian :

a. Jenis tagihan : Kuis

b. Tindak lanjut :

* Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 60% atau lebih.

* Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 60%





Wanasalam, Juli 2007

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran









B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md

Nip.131123669



REKAYASA PEMBELAJARAN



Satuan Pendidikan : SMA

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas/Semester : XI/1

Materi Pokok : Biosfer

Pertemuan ke : 5 s/d 6

Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas

Waktu : 2 x pertemuan (4 x 45 menit)

1. Standar Kompetensi : Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi, interaksinya dan pengaruh

nya terhadap kehidupan

2. Konsep Dasar : 1.1 Memprediksi dinamika perubahan biosfer dan dampaknya

terhadap kehidupan di muka bumi

3. Materi Pelajaran : Flora dan fauna di Indonesia



4. Strategi Pembelajaran

No Kegiatan Pembelajaran Waktu (menit) Aspek/Life skill

yang Dikembangkan



1 Pendahuluan 15 menit Personil akademik

* Motifasi : Pentingnya siswa mempelajari flora dan fauna

Indonesia guna mengetahui asal dan persebarn

nya

* Prasyarat : Sebelumnya siswa dapat mempelajari flora dan

fauna di muka bumi

2 Kegiatan 150 menit

* Guru : Menerangkan penyebaran komunitas fauna di

dunia dan fauna wilayah perairan



* Siswa : Memperhatikan penjelasan guru dan bertanya

bila belum jelas



3 Penutup : * Diskusi 15 menit

* Tugas



5. Media Pembelajaran

* Sarana pembelajaran : ^ Peta

* Sumber pembelajaran : ^ Buku Paket Geografi kelas XI

^ Buku Geografi lain yang relevan



6. Penilaian :

a. Jenis tagihan : Kuis

b. Tindak lanjut :

* Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 60% atau lebih.

* Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 60%





wanasalam, Juli 2007

PENGEMBANGAN SILABUS Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran





Satuan Pendidikan : SMA

Mata Pelajaran : Geografi

Standar kompetensi : Memahami sejarah pembentukan bumi B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan

Kelas/Semester : XI/1 Nip.131123669

Tahun Pelajaran : 2007/2008

REKAYASA PEMBELAJARAN



Konsep/Subkonsep Materi Pelajaran Strategi Pembelajaran Waktu Ket Satuan Pendidikan : SMA

Metode Mata Pelajaran : Geografi

1 2 3 5 6 Kelas/Semester : XI/1

Materi Pokok : Biosfer

1.1 Menjelaskan sejarah * Bumi Ceramah 18 JP Pertemuan ke : 7 s/d 9

pembentukan bumi Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas

T a n y a Waktu : 3 x pertemuan (6 x 45 menit)

1.2 Mendeskripsikan tata * Tata surya dalam jagad jawab 1. Standar Kompetensi : Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi, interaksinya dan pengaruh

surya dan jagad raya raya nya terhadap kehidupan

* Matahari merupakan Diskusi 2. Konsep Dasar : 1.1 Memprediksi dinamika perubahan biosfer dan dampaknya

sebuah bintang terhadap kehidupan di muka bumi

* Teori terjadinya tata Tugas 3. Materi Pelajaran : Macam-macam hutan

surya

* Anggota Tata Surya 4. Strategi Pembelajaran

No Kegiatan Pembelajaran Waktu (menit) Aspek/Life skill

yang Dikembangkan



1 Pendahuluan 20 menit Personil akademik

* Motifasi : Pentingnya siswa mengetahui macam-macam

Wanasalam, Juli 2007 hutan menurut fungsinya

Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran * Prasyarat : S e b e l u m n y a siswa pernah mempelajari

kenampakan muka bumi



2 Kegiatan 230 menit

B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan * Guru : Memberi penjelasan mengenai macam-macam,

Nip. 131123669 fungsi/manfaat hutan



* Siswa : Memperhatikan penjelasan guru dan mengeju

kan pertanyaan bila ada hal-hal yang kurang

jelas

3 Penutup : Diskusi 15 menit





5. Media Pembelajaran

* Sarana pembelajaran : ^ Peta

* Sumber pembelajaran : ^ Buku Paket Geografi kelas XI

^ Buku Geografi lain yang relevan



6. Penilaian :

a. Jenis tagihan : Kuis

b. Tindak lanjut :

* Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 60% atau lebih.

* Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 60%

RINCIAN MINGGU EFEKTIF



Mata Pelajaran : Geografi wanasalam, Juli 2007

Kelas/Semester : XI/2 Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

Tahun Pelajaran : 2007/2008





B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md

I Jumlah minggu dalam semester 1 II Jumlah Minggu tidak efektif semester 1 Nip.131123669



No Bulan Jumlah Minggu No Kegiatan Jumlah Minggu REKAYASA PEMBELAJARAN

1 Januari 5 1 Kegiatan tengah semester 1

2 Pebruari 4 2 Perkiraan Ujian Nasional Satuan Pendidikan : SMA

3 Maret 4 SMA/SMK/SMP dan SD 3 Mata Pelajaran : Geografi

4 April 4 4 Ulangan umum semester I 1 Kelas/Semester : XI/1

5 Mei 4 5 Persiapan penerimaan Materi Pokok : Biosfer

6 Juni 4 raport dan Libur semester II 3 Pertemuan ke : 10 s/d 12

Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas

Total 25 Waktu : 3 x pertemuan (6 x 45 menit)

Total 8 1. Standar Kompetensi : Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi, interaksinya dan pengaruh

nya terhadap kehidupan

III Jumlah minggu efektif dalam semester 1 2. Konsep Dasar : 1.1 Memprediksi dinamika perubahan biosfer dan dampaknya

Jumlah minggu dalam semester 1 - jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1 = 25 - 8 = 17 minggu terhadap kehidupan di muka bumi

3. Materi Pelajaran : Faktor-faktor terjadinya penciutan areal hutan



4. Strategi Pembelajaran

No Kegiatan Pembelajaran Waktu (menit) Aspek/Life skill

yang Dikembangkan



Wanasalam, Juli 2007 1 Pendahuluan 20 menit Personil akademik

Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran * Motifasi : Pentingnya siswa mengetahui permasalahan

hutan

* Prasyarat : Sebelumnya siswa pernah mempelajari hutan

dengan segala permasalahannya

B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan

Nip. 131123669 2 Kegiatan 230 menit

* Guru : M e m b e r i penjelasan faktor-faktor yang me

nyebabkan terjadinya penciutan penyempitan

areal hutan

* Siswa : Memperhatikan penjelasan guru dan menanya

kan bila ada hal-hal yang kurang jelas



3 Penutup : Diskusi 15 menit





5. Media Pembelajaran

* Sarana pembelajaran : ^ Peta

* Sumber pembelajaran : ^ Buku Paket Geografi kelas XI

: ^ Buku Geografi lain yang relevan ^ Buku Paket Geografi kelas XI



6. Penilaian :

a. Jenis tagihan : Kuis

b. Tindak lanjut :

* Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 60% atau lebih.

* Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 60%





Wanasalam, Juli 2007

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran







B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md

Nip.131123669



REKAYASA PEMBELAJARAN



Satuan Pendidikan : SMA

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas/Semester : XI/1

Materi Pokok : Peta tematik dan pengindraan jauh

Pertemuan ke : 13 s/d 15

Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas

Waktu : 3 x pertemuan (6 x 45 menit)

1. Standar Kompetensi : Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi, interaksinya dan pengaruh

nya terhadap kehidupan

2. Konsep Dasar : 1.2 Memprediksi dinamika perubahan antroposfer dan dampaknya

terhadap kehidupan di muka bumi

3. Materi Pelajaran : * Jumlah penduduk (kuantitas penduduk)

* Pertumbuhan penduduk Indonesia

4. Strategi Pembelajaran

No Kegiatan Pembelajaran Waktu (menit) Aspek/Life skill

yang Dikembangkan



1 Pendahuluan 20 menit Personil akademik

* Motifasi : Pentingnya siswa mengetahui permasalahan

kependudukan di Indonesia

* Prasyarat : Sebelumnya siswa telah mempelajari pengertian

penduduk



2 Kegiatan 230 menit

* Guru : Memberi penjelasan mengenai jumlah dan per

tumbuhan penduduk di Indonesia

* Siswa : Memperhatikan penjelasan guru dan menanya

kan bila ada hal-hal yang kurang jelas





3 Penutup : * Diskusi 20 menit

* Tugas



5. Media Pembelajaran

* Sarana pembelajaran : ^ Peta

* Sumber pembelajaran : ^ Buku paket geografi kelas XI

: ^ Buku geografi yang relevan



6. Penilaian :

a. Jenis tagihan : Kuis

b. Tindak lanjut :

* Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 60% atau lebih.

* Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 60%





Wanasalam, Juli 2007

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran







B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md

Nip.131123669



REKAYASA PEMBELAJARAN



Satuan Pendidikan : SMA

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas/Semester : XI/1

Materi Pokok : Peta tamatik dan pengindraan jauh

Pertemuan ke : 16 s/d 18

Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas

Waktu : 3 x pertemuan (6 x 45 menit)

1. Standar Kompetensi : Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi, interaksinya dan pengaruh

nya terhadap kehidupan

2. Konsep Dasar : 1.2 Memprediksi dinamika perubahan antroposfer dan dampaknya

terhadap kehidupan di muka bumi

3. Materi Pelajaran : * Kelahiran dan ukuran-ukurannya

* Kematian dan ukuran-ukurannya

4. Strategi Pembelajaran

No Kegiatan Pembelajaran Waktu (menit) Aspek/Life skill

yang Dikembangkan



1 Pendahuluan 20 menit Personil akademik

* Motifasi : Pentingnya siswa mempelajari pertumbuhan

penduduk dan daampaknya

* Prasyarat : S e b e l u m n y a siswa telah mempelajari

kependudukan di Indonesia



2 Kegiatan 230 menit

* Guru : Menerangkan kelahiran dan kematian penduduk

dengan menggunakan rumus-rumus tertentu

* Siswa : Memperhatikan dan mencoba menerapkan

rumus-rumus dalam mencari angka kelahiran

dan kematian



3 Penutup : Diskusi 20 menit





5. Media Pembelajaran

* Sarana pembelajaran : ^ Data kependudukan

* Sumber pembelajaran : ^ Buku paket geografi kelas XI

: ^ Buku geografi yang relevan



6. Penilaian :

a. Jenis tagihan : Kuis

b. Tindak lanjut :

* Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 60% atau lebih.

* Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 60%





Wanasalam, Juli 2007

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran







B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md

Nip.131123669



REKAYASA PEMBELAJARAN



Satuan Pendidikan : SMA

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas/Semester : XI/1

Materi Pokok : Peta tematik dan pengindraan jauh

Pertemuan ke : 19 s/d 21

Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas

Waktu : 3 x pertemuan (6 x 45 menit)

1. Standar Kompetensi : Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi, interaksinya dan pengaruh

nya terhadap kehidupan

2. Konsep Dasar : 1.2 Memprediksi dinamika perubahan antroposfer dan dampaknya

terhadap kehidupan di muka bumi

3. Materi Pelajaran : Kepadatan penduduk



4. Strategi Pembelajaran

No Kegiatan Pembelajaran Waktu (menit) Aspek/Life skill

yang Dikembangkan



1 Pendahuluan 20 menit Personil akademik

* Motifasi : Pentingnya siswa mengetahui kepadatan

penduduk guna mencari pemecahannya

* Prasyarat : Sebelumnya siswa telah mempelajari jumlah

penduduk di Indonesia beserta penjelasannya



2 Kegiatan 230 menit

* Guru : M e m b e r i penjelasan mengenai kepadatan

penduduk dan akibat-akibatnya

* Siswa : Memperhatikan penjelasan guru dan menanya

kan hal-hal yang kurang jelas





3 Penutup : Diskusi 20 menit





5. Media Pembelajaran

* Sarana pembelajaran : ^ Data kependudukan

* Sumber pembelajaran : ^ Buku paket geografi kelas XI

: ^ Buku geografi yang relevan



6. Penilaian :

a. Jenis tagihan : Kuis

b. Tindak lanjut :

* Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 60% atau lebih.

* Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 60%





Wanasalam, Juli 2007

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran







B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan,A.Md

Nip.131123669



REKAYASA PEMBELAJARAN



Satuan Pendidikan : SMA

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas/Semester : XI/1

Materi Pokok : Peta tematik dan pengindraanjauh

Pertemuan ke : 22 s/d 24

Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas

Waktu : 3 x pertemuan (6 x 45 menit)

1. Standar Kompetensi : Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi, interaksinya dan pengaruh

nya terhadap kehidupan

2. Konsep Dasar : 1.2 Memprediksi dinamika perubahan antroposfer dan dampaknya

terhadap kehidupan di muka bumi

3. Materi Pelajaran : Kualitas Penduduk



4. Strategi Pembelajaran

No Kegiatan Pembelajaran Waktu (menit) Aspek/Life skill

yang Dikembangkan



1 Pendahuluan 20 menit Personil akademik

* Motifasi : P e n t i n g n y a siswa mempelajari kualitas

penduduk untuk menentukan kemakmuran

suatu bangsa

* Prasyarat : S e b e l u m n y a siswa pernah mempelajari

kepadatan penduduk dan dampaknya

2 Kegiatan 230 menit

* Guru : M e m b e r i penjelasan mengenai kualitas

penduduk di Indonesia dan sekali-sekali mem

beri pertanyaan kepada siswa

* Siswa : Memperhatikan penjelasan guru





3 Penutup : Diskusi 20 menit





5. Media Pembelajaran

* Sarana pembelajaran : ^ Data kependudukan

* Sumber pembelajaran : ^ Buku paket geografi kelas XI

: ^ Buku geografi yang relevan



6. Penilaian :

a. Jenis tagihan : Kuis

b. Tindak lanjut :

* Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 60% atau lebih.

* Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 60%





Wanasalam, Juli 2007

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran







B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan,A.Md

Nip.131123669





REKAYASA PEMBELAJARAN



Satuan Pendidikan : SMA

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas/Semester : XI/1

Materi Pokok : Peta tematik dan pengindraanjauh

Pertemuan ke : 22 s/d 24

Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas

Waktu : 3 x pertemuan (6 x 45 menit)

1. Standar Kompetensi : Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi, interaksinya dan pengaruh

nya terhadap kehidupan

2. Konsep Dasar : 1.2 Memprediksi dinamika perubahan antroposfer dan dampaknya

terhadap kehidupan di muka bumi

3. Materi Pelajaran : Peta penduduk



4. Strategi Pembelajaran

No Kegiatan Pembelajaran Waktu (menit) Aspek/Life skill

yang Dikembangkan



1 Pendahuluan 15 menit Personil akademik

* Motifasi : Pentingnya siswa mempelajari persebaran

penduduk guna menentukan peta penduduk



* Prasyarat : Sebelumnya siswa telah mempelajari jumlah

penduduk di Indonesia

2 Kegiatan 150 menit

* Guru : M e m b e r i penjelasan cara membuat peta

penduduk



* Siswa : Memperhatikan penjelasan guru





3 Penutup : Diskusi 15 menit





5. Media Pembelajaran

* Sarana pembelajaran : ^ Data kependudukan

* Sumber pembelajaran : ^ Buku paket geografi kelas XI

: ^ Buku geografi yang relevan



6. Penilaian :

a. Jenis tagihan : Kuis

b. Tindak lanjut :

* Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 60% atau lebih.

* Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 60%





Wanasalam, Juli 2007

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran







B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md

Nip.131123669


0 komentar:

Poskan Komentar

Pengikut