PROGRAM TAHUNAN PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran : Geografi Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI/1 Satuan Pendidikan : SMA Kelas/Semester : XI/1
Tahun Pelajaran : 2007/2008 Mata Pelajaran : Geografi Tahun Ajaran : 2007/2008
Standar Kompetensi : Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi,
interaksi dan pengaruhnya terhadap kehidupan No Konsep/ Subkonsep Jml Jam Bulan Ket
Kelas/Semester : XI/1 Juli Agustus September Oktober November Desember Januari
SMT N0 KONSEP/SUBKONSEP ALOKASI WAKTU KET Tahun Pelajaran : 2007/2008 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4
I 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34
1 Biosfer
1,1 Memprediksi dinamika perubahan biosfer dan 18 JP No Kompetensi Dasar Indikator Materi Pelajaran Strategi Pembelajaran Ranah 1 Biosfer 18 x x x x x x
dampaknya terhadap kehidupan di mika bumi Jenis Tagihan Bentuk Tagihan Instrumen K P A Ket 1.1 M e m p r ediksi
d i n a m ika pe
2 Antroposfer 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 rubahan biosfer
1,2 Memprediksi dinamika perubahan antroposfer dan dampaknya 20 JP dan dampaknya
dan dampaknya terhadap kehidupan di mika 1 1.1 Memprediksi * Meng identifi kasi * Flora dan fauna Kuis P i l i h a n 1. Semua jenis t e r h a d a p
bumi d i n a m i k a sebaran flora dan di muka bumi ganda organisme hidup terhidup a n di
pe r ub ah an f a u n a d i * Pe ny e b a r a n pada lapisan bumi muka bumi
3 Persebaran Sumber Daya Alam di Indonesia biosfer d a n permukaan bumi komunitas fauna Uraian disebut …. p e n e r I m a a n r a p o r t
II 1,3 Memprediksi persebaran lokasi sumber daya 19 JP dampak n y a di dunia a. atmosfer 2 Antroposfer 21 x x x x x x x
alam di Indonesia dan pemanfaatannya t e r h a d a p b. biosfer 1.2 M e m p rediksi
ke h id up an * M e n g analis i s * Pe ny e b a r a n c. litosfer dinamika peru -
Jumlah 57 JP di muka bumi persebaran flora fauna wilayah d. hidrosfer bahan antropos
d a n f a u n a di perairan e. geosfer fer dan dampak
1 Sebaran, Pola, dan Hubungan Objek Geografi 30 JP Indonesia 2. Sebutkan contoh nya terhadap ke
1,4 Menyimpulkan informasi tentang persebaran, * Flora dan fauna hewan mamalia di hidupan di muka
pola, dan hubungan antar objek geografi melalui Indonesia daerah tundra bumi
peta dan citra pengindraan jauh. 3. Tiri dan duku adalah 3 Persebaran SDA di 18 x x x x x
* Mengidentifikasi * Hutan jenis tanaman asli di indonesia
2 Konsep Wilayah dan Pusat Pertumbuhan 24 JP kerusakan flora a. Malaysia 1.3 Menprediksi pese
1,5 Kemampuan menerapkan konsep dasar perwilayahan dan fauna sera b. Brunai Darussalam
Perwilayahan. d a m p a k n y a c. Indonesia baran lokasi SDA
t e r h a d a p d. Papua Nugini di Indinesia dan
Jumlah 34 JP kehidupan e. Thailan pemanfaatannya
4. Sebutkan upaya
pelestarian fauna Ujian Blok I x x
langka
5. Sebutkan manfaat Libur Semester I
hutan bakau
Wanasalam, Juli 2007 Jumlah 57
Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran
Keterangan : : Ujian Blok I
: Libur bulan ramadhan dan sesudah Idul Fitri
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran : Ujian Blok II
: Libur semester I
B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md Wanasalam, Juli 2007
Nip. 131123669 Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md
Nip.131123669 B a r n i, S.Pd Iwan kurniawan, A.Md
RINCIAN MINGGU EFEKTIF Nip. 131123 669
PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI/1 Satuan Pendidikan : SMA
Tahun Pelajaran : 2007/2008 Mata Pelajaran : Geografi
Standar Kompetensi : Menganalisis gejala alam fisik dan perkembangan bentuk muka bumi serta pelestariannya
I Jumlah minggu dalam semester 1 Kelas/Semester : XI/ 1
Tahun Pelajaran : 2007/2008
No Bulan Jumlah Minggu
1 Juli 4 No Kompetensi Dasar Indikator Materi Pelajaran Strategi Pembelajaran Ranah
2 Agustus 5 Jenis Tagihan Bentuk Tagihan Instrumen K P A Ket
3 September 4
4 Oktober 5 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
5 Nopember 4
6 Desember 4 1 1.1 Memprediksi * M e n g analis i s * Jumlah penduduk Kuis P i l i h a n 1. Pencatatan mengenai
Total 26 d i n a m i k a k o m p o s i s I * K e l a h i r a n ganda jumlah penduduk yang
pe rubah an p e n d u d u k ber (fertilitas) dilaksanakan secara
II II Jumlah Minggu tidak efektif semester 1 antropos fer dasarkan u m u r * K e m a t I a n Uraian terus menerus dari
d a n dampak dan jenis kelamin (mortalitas) tingkat pemerintah
No Kegiatan Jumlah Minggu nya terhadap terendah disebut ….
1 Kegiatan tengah semester 1 kehidupan di * M e n g h i t u n g * K e p a d a t a n a. survey penduduk
2 Libur bulan Ramadhan & 2 muka bumi p e r t u m buhan penduduk b. sensus penduduk
sesudah hari raya Idul Fitri p e n d u d u k * Kualitas penduduk c. penataan penduduk
4 Ulangan umum semester I 1 suatu wilayah d. registrasi penduduk
5 Persiapan penerimaan 1 e. pencatatan penduduk
raport dan Libur semester I * M e n y a j i k a n * Peta penduduk 2. Sebutkan faktor-faktor
6 libur semester II 2 I n f o r m a s i yang mendudkung
Total 7 ke pendud u k an kemajuan suatu negara
melalui peta, tabel 3. Bentuk piramida penduduk
dan grafik. di negara - negara
III Jumlah minggu efektif dalam semester 1 berkembang pada
Jumlah minggu dalam semester 1 - jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1 = umumnya ….
26 - 7 = 19 Minggu a.granat
b. stationer
c. nisan
d. konstruktif
Wanasalam, Juli 2007 e. ksponensif
Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran 4. Jelaskan yang dimaksud
pertumbuhan penduduk
alami dan pertumbuhan
penduduk total?
5. Apakah yang dimaksud
B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md dengan angka harapan
Nip. 131123669 jidup
PENGEMBANGAN SILABUS
Wanasalam, Juli 2007
Satuan Pendidikan : SMA Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Mata Pelajaran : Geografi
Standar kompetensi : Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi, interaksinya
dan pengaruhnya terhadap kehidupan
Kelas/Semester : XI/1
Tahun Pelajaran : 2007/2008 B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md
Nip.131123669
Konsep/Subkonsep Materi Pelajaran Strategi Pembelajaran Waktu Ket
Metode Sarana
1 2 3 4 5 6
1.1 Memprediksi dinamika * Flora dan fauna di mu- Ceramah Sebelumnya siswa 18 JP
perubahan biosfer dan ka bumi telah mempelajari
dampaknya terhadap * Penyebaran komunitas Tanya bumi dan bagian-
kehidupan di muka fauna di Indonesia jawab bagiannya serta
bumi * Penyebaran fauna wi- membuat rangkum
layah perairan Diskusi an
* Flora dan fauna Indo-
nesia Tugas
* Hutan
Wanasalam, Juli 2007
Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran
B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md
Nip. 131123669 Nip. 131123669
PENGEMBANGAN SILABUS REKAYASA PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Satuan Pendidikan : SMA Mata Pelajaran : Geografi
Mata Pelajaran : Geografi Kelas/Semester : XI/1
Standar kompetensi : Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi, interaksinya Materi Pokok : Biosfer
dan pengaruhnya terhadap kehidupan Pertemuan ke : 1 s/d 2
Kelas/Semester : XI/ 1 Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas
Tahun Pelajaran : 2007/2008 Waktu : 2 x pertemuan (4 x 45 menit)
1. Standar Kompetensi : Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi, interaksinya dan pengaruh
nya terhadap kehidupan
Konsep/Subkonsep Materi Pelajaran Strategi Pembelajaran Waktu Ket 2. Konsep Dasar : 1.1 Memprediksi dinamika perubahan biosfer dan dampaknya
Metode Sarana terhadap kehidupan di muka bumi
1 2 3 5 6 3. Materi Pelajaran : * Flora dan fauna di muka bumi
* Pembagian lingkungan (biocycle) flora
1.1 Memprediksi dinamika * Jumlah penduduk Ceramah sebelum n y a secara 22 JP 4. Strategi Pembelajaran
perubahan antroposfer dan * Kelahiran (fertilitas) garis besar siswa per No Kegiatan Pembelajaran Waktu (menit) Aspek/Life skill
dan dampaknya ter * Kematian (mortalitas) Tanya nah mendengar p e n yang Dikembangkan
hadap kehidupan di * Kepadatan penduduk jawab j e l a s a n masalah
bumi * Kualitas penduduk kependudukan 1 Pendahuluan 15 menit Personil akademik
* Peta penduduk Diskusi * Motifasi : Pe r l u n y a siswa mempelajari bumi seisinya
sehubungan dengan kehidupan manusia
Tugas * Prasyarat : Sebelumnya siswa telah mempelajari bumi dan
bagian-bagiannya
2 Kegiatan 150 menit
* Guru : Memberikan penjelasan flora d a n fauna yang
ada di muka bumi serta pembagian lingkungan
(biocycle) flora
* Siswa : Memperhatikan p e n j e l a s a n guru d a n
Wanasalam, Juli 2007 menanyakan hal-hal yang dirasa kurang jelas
Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran
3 Penutup : * Diskusi 15 menit
* Menarik kesimpulan
5. Media Pembelajaran
B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md * Sarana pembelajaran
Nip. 131123669 * Sumber pembelajaran : ^ Buku Paket Geografi
^ Buku Geografi yang relevan
^ Peta Dunia
6. Penilaian :
a. Jenis tagihan : Kuis
b. Tindak lanjut :
* Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 60%
* Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 60%
Wanasalam, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md
Nip.131123669
REKAYASA PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok : Biosfer
Pertemuan ke : 3 s/d 4
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas
Waktu : 2 x pertemuan (4 x 45 menit)
1. Standar Kompetensi : Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi, interaksinya dan pengaruh
nya terhadap kehidupan
2. Konsep Dasar : 1.1 Memprediksi dinamika perubahan biosfer dan dampaknya
terhadap kehidupan di muka bumi
3. Materi Pelajaran : * Penyebaran komunitas fauna di dunia
* Penyebaran fauna wilayah perairan
4. Strategi Pembelajaran
No Kegiatan Pembelajaran Waktu (menit) Aspek/Life skill
yang Dikembangkan
1 Pendahuluan 15 menit Personil akademik
* Motifasi : Pentingnya siswa mempelajari aneka flora dan
fauna di muka bumi
* Prasyarat : Sebelumnya siswa telah mempelajari pembagi
an lingkungan flora
2 Kegiatan 150 menit
* Guru : Menerangkan penyebaran komunitas fauna di
dunia dan fauna wilayah perairan
* Siswa : Memperhatikan penjelasan guru dan bertanya
bila belum jelas
3 Penutup : * Diskusi 15 menit
* Tugas
5. Media Pembelajaran
* Sarana pembelajaran : ^ Peta
* Sumber pembelajaran : ^ Buku Geografi lain yang relevan
6. Penilaian :
a. Jenis tagihan : Kuis
b. Tindak lanjut :
* Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 60% atau lebih.
* Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 60%
Wanasalam, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md
Nip.131123669
REKAYASA PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok : Biosfer
Pertemuan ke : 5 s/d 6
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas
Waktu : 2 x pertemuan (4 x 45 menit)
1. Standar Kompetensi : Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi, interaksinya dan pengaruh
nya terhadap kehidupan
2. Konsep Dasar : 1.1 Memprediksi dinamika perubahan biosfer dan dampaknya
terhadap kehidupan di muka bumi
3. Materi Pelajaran : Flora dan fauna di Indonesia
4. Strategi Pembelajaran
No Kegiatan Pembelajaran Waktu (menit) Aspek/Life skill
yang Dikembangkan
1 Pendahuluan 15 menit Personil akademik
* Motifasi : Pentingnya siswa mempelajari flora dan fauna
Indonesia guna mengetahui asal dan persebarn
nya
* Prasyarat : Sebelumnya siswa dapat mempelajari flora dan
fauna di muka bumi
2 Kegiatan 150 menit
* Guru : Menerangkan penyebaran komunitas fauna di
dunia dan fauna wilayah perairan
* Siswa : Memperhatikan penjelasan guru dan bertanya
bila belum jelas
3 Penutup : * Diskusi 15 menit
* Tugas
5. Media Pembelajaran
* Sarana pembelajaran : ^ Peta
* Sumber pembelajaran : ^ Buku Paket Geografi kelas XI
^ Buku Geografi lain yang relevan
6. Penilaian :
a. Jenis tagihan : Kuis
b. Tindak lanjut :
* Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 60% atau lebih.
* Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 60%
wanasalam, Juli 2007
PENGEMBANGAN SILABUS Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Geografi
Standar kompetensi : Memahami sejarah pembentukan bumi B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan
Kelas/Semester : XI/1 Nip.131123669
Tahun Pelajaran : 2007/2008
REKAYASA PEMBELAJARAN
Konsep/Subkonsep Materi Pelajaran Strategi Pembelajaran Waktu Ket Satuan Pendidikan : SMA
Metode Mata Pelajaran : Geografi
1 2 3 5 6 Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok : Biosfer
1.1 Menjelaskan sejarah * Bumi Ceramah 18 JP Pertemuan ke : 7 s/d 9
pembentukan bumi Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas
T a n y a Waktu : 3 x pertemuan (6 x 45 menit)
1.2 Mendeskripsikan tata * Tata surya dalam jagad jawab 1. Standar Kompetensi : Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi, interaksinya dan pengaruh
surya dan jagad raya raya nya terhadap kehidupan
* Matahari merupakan Diskusi 2. Konsep Dasar : 1.1 Memprediksi dinamika perubahan biosfer dan dampaknya
sebuah bintang terhadap kehidupan di muka bumi
* Teori terjadinya tata Tugas 3. Materi Pelajaran : Macam-macam hutan
surya
* Anggota Tata Surya 4. Strategi Pembelajaran
No Kegiatan Pembelajaran Waktu (menit) Aspek/Life skill
yang Dikembangkan
1 Pendahuluan 20 menit Personil akademik
* Motifasi : Pentingnya siswa mengetahui macam-macam
Wanasalam, Juli 2007 hutan menurut fungsinya
Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran * Prasyarat : S e b e l u m n y a siswa pernah mempelajari
kenampakan muka bumi
2 Kegiatan 230 menit
B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan * Guru : Memberi penjelasan mengenai macam-macam,
Nip. 131123669 fungsi/manfaat hutan
* Siswa : Memperhatikan penjelasan guru dan mengeju
kan pertanyaan bila ada hal-hal yang kurang
jelas
3 Penutup : Diskusi 15 menit
5. Media Pembelajaran
* Sarana pembelajaran : ^ Peta
* Sumber pembelajaran : ^ Buku Paket Geografi kelas XI
^ Buku Geografi lain yang relevan
6. Penilaian :
a. Jenis tagihan : Kuis
b. Tindak lanjut :
* Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 60% atau lebih.
* Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 60%
RINCIAN MINGGU EFEKTIF
Mata Pelajaran : Geografi wanasalam, Juli 2007
Kelas/Semester : XI/2 Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Tahun Pelajaran : 2007/2008
B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md
I Jumlah minggu dalam semester 1 II Jumlah Minggu tidak efektif semester 1 Nip.131123669
No Bulan Jumlah Minggu No Kegiatan Jumlah Minggu REKAYASA PEMBELAJARAN
1 Januari 5 1 Kegiatan tengah semester 1
2 Pebruari 4 2 Perkiraan Ujian Nasional Satuan Pendidikan : SMA
3 Maret 4 SMA/SMK/SMP dan SD 3 Mata Pelajaran : Geografi
4 April 4 4 Ulangan umum semester I 1 Kelas/Semester : XI/1
5 Mei 4 5 Persiapan penerimaan Materi Pokok : Biosfer
6 Juni 4 raport dan Libur semester II 3 Pertemuan ke : 10 s/d 12
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas
Total 25 Waktu : 3 x pertemuan (6 x 45 menit)
Total 8 1. Standar Kompetensi : Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi, interaksinya dan pengaruh
nya terhadap kehidupan
III Jumlah minggu efektif dalam semester 1 2. Konsep Dasar : 1.1 Memprediksi dinamika perubahan biosfer dan dampaknya
Jumlah minggu dalam semester 1 - jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1 = 25 - 8 = 17 minggu terhadap kehidupan di muka bumi
3. Materi Pelajaran : Faktor-faktor terjadinya penciutan areal hutan
4. Strategi Pembelajaran
No Kegiatan Pembelajaran Waktu (menit) Aspek/Life skill
yang Dikembangkan
Wanasalam, Juli 2007 1 Pendahuluan 20 menit Personil akademik
Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran * Motifasi : Pentingnya siswa mengetahui permasalahan
hutan
* Prasyarat : Sebelumnya siswa pernah mempelajari hutan
dengan segala permasalahannya
B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan
Nip. 131123669 2 Kegiatan 230 menit
* Guru : M e m b e r i penjelasan faktor-faktor yang me
nyebabkan terjadinya penciutan penyempitan
areal hutan
* Siswa : Memperhatikan penjelasan guru dan menanya
kan bila ada hal-hal yang kurang jelas
3 Penutup : Diskusi 15 menit
5. Media Pembelajaran
* Sarana pembelajaran : ^ Peta
* Sumber pembelajaran : ^ Buku Paket Geografi kelas XI
: ^ Buku Geografi lain yang relevan ^ Buku Paket Geografi kelas XI
6. Penilaian :
a. Jenis tagihan : Kuis
b. Tindak lanjut :
* Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 60% atau lebih.
* Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 60%
Wanasalam, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md
Nip.131123669
REKAYASA PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok : Peta tematik dan pengindraan jauh
Pertemuan ke : 13 s/d 15
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas
Waktu : 3 x pertemuan (6 x 45 menit)
1. Standar Kompetensi : Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi, interaksinya dan pengaruh
nya terhadap kehidupan
2. Konsep Dasar : 1.2 Memprediksi dinamika perubahan antroposfer dan dampaknya
terhadap kehidupan di muka bumi
3. Materi Pelajaran : * Jumlah penduduk (kuantitas penduduk)
* Pertumbuhan penduduk Indonesia
4. Strategi Pembelajaran
No Kegiatan Pembelajaran Waktu (menit) Aspek/Life skill
yang Dikembangkan
1 Pendahuluan 20 menit Personil akademik
* Motifasi : Pentingnya siswa mengetahui permasalahan
kependudukan di Indonesia
* Prasyarat : Sebelumnya siswa telah mempelajari pengertian
penduduk
2 Kegiatan 230 menit
* Guru : Memberi penjelasan mengenai jumlah dan per
tumbuhan penduduk di Indonesia
* Siswa : Memperhatikan penjelasan guru dan menanya
kan bila ada hal-hal yang kurang jelas
3 Penutup : * Diskusi 20 menit
* Tugas
5. Media Pembelajaran
* Sarana pembelajaran : ^ Peta
* Sumber pembelajaran : ^ Buku paket geografi kelas XI
: ^ Buku geografi yang relevan
6. Penilaian :
a. Jenis tagihan : Kuis
b. Tindak lanjut :
* Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 60% atau lebih.
* Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 60%
Wanasalam, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md
Nip.131123669
REKAYASA PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok : Peta tamatik dan pengindraan jauh
Pertemuan ke : 16 s/d 18
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas
Waktu : 3 x pertemuan (6 x 45 menit)
1. Standar Kompetensi : Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi, interaksinya dan pengaruh
nya terhadap kehidupan
2. Konsep Dasar : 1.2 Memprediksi dinamika perubahan antroposfer dan dampaknya
terhadap kehidupan di muka bumi
3. Materi Pelajaran : * Kelahiran dan ukuran-ukurannya
* Kematian dan ukuran-ukurannya
4. Strategi Pembelajaran
No Kegiatan Pembelajaran Waktu (menit) Aspek/Life skill
yang Dikembangkan
1 Pendahuluan 20 menit Personil akademik
* Motifasi : Pentingnya siswa mempelajari pertumbuhan
penduduk dan daampaknya
* Prasyarat : S e b e l u m n y a siswa telah mempelajari
kependudukan di Indonesia
2 Kegiatan 230 menit
* Guru : Menerangkan kelahiran dan kematian penduduk
dengan menggunakan rumus-rumus tertentu
* Siswa : Memperhatikan dan mencoba menerapkan
rumus-rumus dalam mencari angka kelahiran
dan kematian
3 Penutup : Diskusi 20 menit
5. Media Pembelajaran
* Sarana pembelajaran : ^ Data kependudukan
* Sumber pembelajaran : ^ Buku paket geografi kelas XI
: ^ Buku geografi yang relevan
6. Penilaian :
a. Jenis tagihan : Kuis
b. Tindak lanjut :
* Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 60% atau lebih.
* Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 60%
Wanasalam, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md
Nip.131123669
REKAYASA PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok : Peta tematik dan pengindraan jauh
Pertemuan ke : 19 s/d 21
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas
Waktu : 3 x pertemuan (6 x 45 menit)
1. Standar Kompetensi : Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi, interaksinya dan pengaruh
nya terhadap kehidupan
2. Konsep Dasar : 1.2 Memprediksi dinamika perubahan antroposfer dan dampaknya
terhadap kehidupan di muka bumi
3. Materi Pelajaran : Kepadatan penduduk
4. Strategi Pembelajaran
No Kegiatan Pembelajaran Waktu (menit) Aspek/Life skill
yang Dikembangkan
1 Pendahuluan 20 menit Personil akademik
* Motifasi : Pentingnya siswa mengetahui kepadatan
penduduk guna mencari pemecahannya
* Prasyarat : Sebelumnya siswa telah mempelajari jumlah
penduduk di Indonesia beserta penjelasannya
2 Kegiatan 230 menit
* Guru : M e m b e r i penjelasan mengenai kepadatan
penduduk dan akibat-akibatnya
* Siswa : Memperhatikan penjelasan guru dan menanya
kan hal-hal yang kurang jelas
3 Penutup : Diskusi 20 menit
5. Media Pembelajaran
* Sarana pembelajaran : ^ Data kependudukan
* Sumber pembelajaran : ^ Buku paket geografi kelas XI
: ^ Buku geografi yang relevan
6. Penilaian :
a. Jenis tagihan : Kuis
b. Tindak lanjut :
* Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 60% atau lebih.
* Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 60%
Wanasalam, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan,A.Md
Nip.131123669
REKAYASA PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok : Peta tematik dan pengindraanjauh
Pertemuan ke : 22 s/d 24
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas
Waktu : 3 x pertemuan (6 x 45 menit)
1. Standar Kompetensi : Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi, interaksinya dan pengaruh
nya terhadap kehidupan
2. Konsep Dasar : 1.2 Memprediksi dinamika perubahan antroposfer dan dampaknya
terhadap kehidupan di muka bumi
3. Materi Pelajaran : Kualitas Penduduk
4. Strategi Pembelajaran
No Kegiatan Pembelajaran Waktu (menit) Aspek/Life skill
yang Dikembangkan
1 Pendahuluan 20 menit Personil akademik
* Motifasi : P e n t i n g n y a siswa mempelajari kualitas
penduduk untuk menentukan kemakmuran
suatu bangsa
* Prasyarat : S e b e l u m n y a siswa pernah mempelajari
kepadatan penduduk dan dampaknya
2 Kegiatan 230 menit
* Guru : M e m b e r i penjelasan mengenai kualitas
penduduk di Indonesia dan sekali-sekali mem
beri pertanyaan kepada siswa
* Siswa : Memperhatikan penjelasan guru
3 Penutup : Diskusi 20 menit
5. Media Pembelajaran
* Sarana pembelajaran : ^ Data kependudukan
* Sumber pembelajaran : ^ Buku paket geografi kelas XI
: ^ Buku geografi yang relevan
6. Penilaian :
a. Jenis tagihan : Kuis
b. Tindak lanjut :
* Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 60% atau lebih.
* Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 60%
Wanasalam, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan,A.Md
Nip.131123669
REKAYASA PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok : Peta tematik dan pengindraanjauh
Pertemuan ke : 22 s/d 24
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas
Waktu : 3 x pertemuan (6 x 45 menit)
1. Standar Kompetensi : Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi, interaksinya dan pengaruh
nya terhadap kehidupan
2. Konsep Dasar : 1.2 Memprediksi dinamika perubahan antroposfer dan dampaknya
terhadap kehidupan di muka bumi
3. Materi Pelajaran : Peta penduduk
4. Strategi Pembelajaran
No Kegiatan Pembelajaran Waktu (menit) Aspek/Life skill
yang Dikembangkan
1 Pendahuluan 15 menit Personil akademik
* Motifasi : Pentingnya siswa mempelajari persebaran
penduduk guna menentukan peta penduduk
* Prasyarat : Sebelumnya siswa telah mempelajari jumlah
penduduk di Indonesia
2 Kegiatan 150 menit
* Guru : M e m b e r i penjelasan cara membuat peta
penduduk
* Siswa : Memperhatikan penjelasan guru
3 Penutup : Diskusi 15 menit
5. Media Pembelajaran
* Sarana pembelajaran : ^ Data kependudukan
* Sumber pembelajaran : ^ Buku paket geografi kelas XI
: ^ Buku geografi yang relevan
6. Penilaian :
a. Jenis tagihan : Kuis
b. Tindak lanjut :
* Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 60% atau lebih.
* Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 60%
Wanasalam, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md
Nip.131123669
Minggu, 02 Januari 2011
KELAS Xii
21.59
MAS. MA. BINUANGEUN
0 komentar:
Posting Komentar