Minggu, 02 Januari 2011

ANALISIS KONTEK

PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN PROGRAM SEMESTER RINCIAN MINGGU EFEKTIF




Mata Pelajaran : Geografi Mata Pelajaran

Satuan Pendidikan : MA Kelas/Semester : X/1 Kelas/Semester

Mata Pelajaran : Geografi Tahun Ajaran : 2007/2008 Tahun Pelajaran

Standar Kompetensi : Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan

aspek geografi No Konsep/ Subkonsep Jml Jam Bulan

Kelas/Semester : X/1 Juli Agustus September Oktober November Desember

Tahun Pelajaran : 2007/2008 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 5 I Jumlah minggu dalam semester 1

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29

No Bulan Jumlah Minggu

No Kompetensi Dasar Indikator Materi Pelajaran Strategi Pembelajaran Ranah 1 Prinsip, Ruang, dan 18 x x x x x x x x x 1 Juli 4

Jenis Tagihan Bentuk Tagihan Instrumen K P A Ket Objek Geografi 2 Agustus 5

1.1 M e m a h a m i 3 September 4

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 k o n s e p , 4 Oktober 5

p e n d e katan, 5 Nopember 4

1 1.1 Menjelaskan * Siawa dapat * Konsep geografi Kuis P i l i h a n 1 prins i p, d a n 6 Desember 4

konsep menjelaskan ganda aspek geografi Total 26

geografi konsep geografi

Uraian Ujian Blok I x II II Jumlah Minggu tidak efektif semester 1

1.2 Menjelaskan * Siswa dapat * Ruang lingkup,

pendekatan menjelaskan pendekatan, dan 2 Pembentukan bumi, 20 x x x x x x x x x No Kegiatan Jumlah Minggu

geografi pendekatan ilmu penunjang Tata surya, d a n 1 Kegiatan tengah semester 1

geografi geografi Jagadraya 2 Libur bulan Ramadhan & 2

* Objek studi 1.2 M e m a h a m i sesudah hari raya Idul Fitri

geografi s e j a r a h 4 Ulangan umum semester I 1

pem bentuk an 5 Persiapan penerimaan 1

1.3 menjelaskan * Siswa dapat * Prinsip-prinsip bumi raport dan Libur semester I

prinsip menjelaskan geografi 6 libur semester II 2

geografi prinsip geografi Ujian Blok II x x Total 7





1.4 Mendeskripsi * Siswa dapat * Aspek geografi Libut semester I III Jumlah minggu efektif dalam semester 1

kan aspek mendeskripsikan Jumlah minggu dalam semester 1 - jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1 =

geografi aspek geografi 26 - 7 = 19 Minggu

Jumlah 38





Keterangan : : Ujian Blok I Wanasalam, Juli 2007

: Libur bulan ramadhan dan sesudah Idul Fitri Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran

: Ujian Blok II

: Libur semester I



Wanasalam, Juli 2007

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md

Wanasalam, Juli 2007 Nip. 131123669

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran





B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md

Nip.131123669 B a r n i, S.Pd Iwan kurniawan, A.Md

Nip. 131123 669





PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN 4. Strategi Pembelajaran PROGRAM TAHUNAN

No Kegiatan Pembelajaran Waktu (menit) Aspek/Life skill

yang Dikembangkan Mata Pelajaran

Satuan Pendidikan : MA Kelas/Semester

Mata Pelajaran : Geografi 1 Pendahuluan 15 menit Personil akademik Tahun Pelajaran

Standar Kompetensi : Memahami sejarah pembentukan bumi * Motifasi

Kelas/Semester : X/1

Tahun Pelajaran : 2007/2008 SMT N0 KONSEP/SUBKONSEP ALOKASI WAKTU KET

1 Prinsip, Ruang lingkup, dan Objek Geografi. 18 JP

No Kompetensi Dasar Indikator Materi Pelajaran Strategi Pembelajaran Ranah 1,1

Jenis Tagihan Bentuk Tagihan Instrumen K P A Ket 2 Kegiatan 150 menit

* Guru : Menjelaskan mengenai konsep geografi; 2 Pembentukan bumi, Tata surya, dan Jagad raya

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 pengertian, fungsi dan tujuan pembelajaran 1,2 20 JP

geografi

1 1.1 Menjelaskan * Mendeskripsikan * Bumi Kuis P i l i h a n * Siswa :

sejarah pem proses terjadinya ganda

bentukan bumi Jumlah 38 JP

bumi * Menganalisis Uraian 3 Penutup : * Diskusi 15 menit II

sejarah per * Menarik kesimpulan 1 18 JP

kembangan muka

bumi (pangea,

gondwana) 4. Strategi Pembelajaran

* Mendeskripsikan No Kegiatan Pembelajaran Waktu (menit) Aspek/Life skill 2 16 JP

karakteristik yang Dikembangkan

pelapisan bumi

* Menganalisis teori 1 Pendahuluan 15 menit Personil akademik

lempeng tektonik * Motifasi : Jumlah 34 JP

dan kaitannya

dengan per * Prasyarat :

sebaran gunung

api dan gempa

bumi 2 Kegiatan 150 menit

* Guru :

1.2 Mendeskripsi * Mendeskripsikan * Tata surya dalam Wanasalam, Juli 2007

kan tata tata surya dan jagad raya Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran

surya dan jagad raya * Matahari * Siswa :

jagad raya merupakan B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md

sebuah bintang Nip. 131123669

* Teori terjadinya 3 Penutup : * Diskusi 15 menit

tata surya * Menarik kesimpulan

* Anggota tata

surya





wanasalam, Juli 2007

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran









B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Satuan Pendidikan : MA Konsep/Subkonsep Materi Pelajaran Strategi Pembelajaran Waktu Ket

Mata Pelajaran : Geografi Metode Sarana

Kelas/Semester : X/1 1 2 3 4 5 6

Pertemuan ke : 1 s/d 2 1.1 Menjelaskan konsep * Konsep Geografi Ceramah 18 JP

Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas geografi

Alokasi Waktu : 2 x pertemuan (4 x 45 menit) T a n y a

1. Standar Kompetensi : Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi 1.2 Menjelaskan pendekat * Ruang lingkup, jawab

an geografi pendekatan, dan ilmu

2. Kompetensi Dasar : 1.1 Menjelaskan konsep geografi penunjang geografi Diskusi



3. Indikator * Objek Studi Geografi Tugas

* Pertemuan ke 1 : Menguraikan konsep geografi dari berbagai referensi

* Pertemuan ke 2 : Merumuskan konsep geografi dalam kajian geografi



4. Tujuan Pembelajaran

* Pertemuan ke 1 : Siswa dapat menguraikan konsep geografi dari berbagai

referensi

* Pertemuan ke 2 : Siswa dapat merumuskan konsep geografi dalam kajian

geografi

5. Materi Ajar : Konsep geografi



6. Langkah-langkah Pembelajaran

* Pertemuan ke 1 :

^ Kegiatan awal : - Mengucapkan salam

- Berdo'a bersama (khusus jam pertama)

- Mengabsen siswa

- Apersepsi

Perlunya mempelajari geografi untuk mampu menggali

potensi dan permasalahan dari fenomena yang ditemui

dalam kehidupan sehari-hari



^ Kegiatan inti : - Menjelaskan konsep dasar geografi

- Siswa menyimak

- Siswa mengungkapkan kembali konsep dasar geografi dari

bahan-bahan referensi secara mandiri



^ Kegiatan penutup : - Merangkum pelajaran

- Evaluasi

- Memberi PR/Tugas



* Pertemuan ke 2

^ Kegiatan awal : - Mengucapkan salam

- Berdo'a bersama (khusus jam pertama)

- Mengabsen siswa



^ Kegiatan inti : - Secara berkelompok, menyimpulkan konsep-konsep geografi

- Presentasi hasil diskusi

^ Kegiatan penutup : - Evaluasi

- Menyimpulkan hasil diskusi

- Memberi PR/Tugas







7. Alat/ Bahan/Sumber Belajar

* Alat/Bahan/ Media : Gambar (fenomena geografi) yang relefan

* Sumber belajar : * Ahmad Jani, (2004), Geografi, Bandung, Grafindo

* Titi Priono, (2004), Geografi, Jakarta, PT Pabelan

* Sumadi Sutrijat, (1999), Geografi, Jakarta, Departemen

Pendidikan dan Kebudayaan

* Dra. Cut M R, Wangsa Jaya dan Yuli Katarina, (2006),

Geografi, Jakarta, Phibeta



8. Penilaian

* Jenis tagihan : - Tugas individu

: - Tugas kelompok

^ Ulangan : 1. Jelaskan pengertian geografi menurut Ferdian Von Richthofen!

2. Jelaskan peran Cloudius Ptolomeus dalam perkembangan

geografi !

3. Sebutkan ruang lingkup studi geografi menurut Rhoad

Murphey !

4. Menurut N. Daldjoeni, geografi adalah ilmu pengetahuan

yang mengajarkan tentang kegiatan manusia di dalam

ruang. Jelaskan unsur-unsur tersebut !

5. Sebutkan tiga macam pendekatan yang digunakan dalam

mempelajari geografi !



* Bentuk tagihan : - Laporan

- Uraian berstruktur











Wanasalam, Juli 2007

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran





B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan

Nip.131123669

















1.3 Menjelaskan prinsip * Prinsip-prinsip Geografi

geografi



1.4 Mendeskripsikan * Aspek Geografi

aspek geografi







Wanasalam, Juli 2007

Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Satuan Pendidikan : MA Negeri I Wanasalam

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas/Semester : X/1

Pertemuan ke : 3, 4 dan 5

Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas

Alokasi Waktu : 3 x pertemuan (6 x 45 menit)

1. Standar Kompetensi : Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi



2. Kompetensi Dasar : 1.2 Menjelaskan pendekatan geografi



3. Indikator

* Pertemuan ke 3 : Mendeskripsikan objek studi geografi

* Pertemuan ke 4 : Menjelaskan pendekatan geografi

* Pertemuan ke 5 : Memberi contoh gejala-gejala geografi dalam kehidupan se

hari-hari



4. Tujuan Pembelajaran

* Pertemuan ke 3 : Siswa dapat mendeskripsikan objek studi geografi

* Pertemuan ke 4 : Siswa dapat menjelaskan pendekatan geografi

* Pertemuan ke 5 : Siswa dapat memberi contoh gejala-gejala geografi dalam

kehidupan sehari-hari



5. Materi Ajar : Pendekatan Geografi



6. Langkah-langkah Pembelajaran

* Pertemuan ke 3 :

^ Kegiatan awal : - Mengucapkan salam

- Berdo'a bersama (khusus jam pertama)

- Mengabsen siswa

- Apersepsi



^ Kegiatan inti : - Menjelaskan tentang objek studi geografi

- Siswa bertanya apabila ada yang kurang dipahami

- Siswa mengungkapkan kembali objek studi geografi dari

bahan-bahan referensi secara mandiri



^ Kegiatan penutup : - Evaluasi

- Merangkum pelajaran

- Memberi PR/Tugas



* Pertemuan ke 4

^ Kegiatan awal : - Mengucapkan salam

- Berdo'a bersama (khusus jam pertama)

- Mengabsen siswa



^ Kegiatan inti : - Menjelaskan tentang pendekatan geografi

- Siswa menyimak dan bertanya jika ada yang kurang di

pahami

- Siswa mengungkapkan kembali pendekatan geografi dari

bahan-bahan referensi secara mandiri





^ Kegiatan penutup : - Merangkum pelajaran

- Evaluasi

- Memberi PR/Tugas



* Pertemuan ke 5

^ Kegiatan awal : - Mengucapkan salam

- Berdo'a bersama (khusus jam pertama)

- Mengabsen siswa

- Apersepsi



^ Kegiatan inti : - Memberikan gambaran tentang gejala-gejala geografi

: - Secara berkelompok, menuliskan beberapa contoh gejala-

gejala geografi yang ditemui masing-masing kelompok

dalam kehidupannya sehari-hari

- Perwakilan kelompok membacakan hasil diskusinya



^ Kegiatan penutup : - Menyimpulkan temuan tiap kelompok

- Evaluasi

- Memberi PR/Tugas



7. Alat/ Bahan/Sumber Belajar

* Alat/Bahan/ Media : Gambar (fenomena geografi) yang relefan

* Sumber belajar : * Ahmad Jani, (2004), Geografi, Bandung, Grafindo

* Titi Priono, (2004), Geografi, Jakarta, PT Pabelan

* Sumadi Sutrijat, (1999), Geografi, Jakarta, Departemen

Pendidikan dan Kebudayaan

* Dra. Cut M R, Wangsa Jaya dan Yuli Katarina, (2006),

Geografi, Jakarta, Phibeta



8. Penilaian

* Jenis tagihan : - Tugas individu

: - Tugas kelompok

^ Ulangan : 1. Objek studi geografi dibagi dua, sebutkan !

2. Apa yang anda ketahui tentang atmosfer?

3. Sebutkan tiga macam pendekatan yang digunakan dalam

mempelajari geografi !

4. Jelaskan pengertian ekosistem dan habitat

5. Sebutkan minimal lima contoh gejala-gejala geografi yang

ditemui dalam kehidupan sehari-hari !



* Bentuk tagihan : - Laporan

- Uraian berstruktur





Wanasalam, Juli 2007

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran





B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan

Nip.131123669













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Satuan Pendidikan : MA Negeri I Wanasalam

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas/Semester : X/1

Pertemuan ke : 6 s/d 7

Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas

Alokasi Waktu : 2 x pertemuan (4 x 45 menit)

1. Standar Kompetensi : Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi



2. Kompetensi Dasar : 1.3 Menjelaskan prinsip-prinsip geografi



3. Indikator

* Pertemuan ke 6 : Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi

: Menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip geografi

* Pertemuan ke 7 : Menerapkan prinsip geografi dalam kajian geografi



4. Tujuan Pembelajaran

* Pertemuan ke 6 : Siswa dapat mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi

: Siswa dapat menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip geografi

* Pertemuan ke 7 : Siswa dapat menerapkan prinsip geografi dlm kajian geografi



5. Materi Ajar : Prinsip-prinsip Geografi



6. Langkah-langkah Pembelajaran

* Pertemuan ke 6 :

^ Kegiatan awal : - Mengucapkan salam

- Berdo'a bersama (khusus jam pertama)

- Mengabsen siswa

- Apersepsi



^ Kegiatan inti : - Menjelaskan prinsip-prinsip geografi

- Siswa menyimak dan bertanya apabila ada yang kurang

dipahami



^ Kegiatan penutup : - Menyimpulkan

- Memberi PR/Tugas



* Pertemuan ke 7

^ Kegiatan awal : - Mengucapkan salam

- Berdo'a bersama (khusus jam pertama)

- Mengabsen siswa



^ Kegiatan inti : - Siswa secara berkelompok, mengidentifikasi perbedaan

prinsip-prinsip geografi

- Presentasi hasil diskusi



^ Kegiatan penutup : - Evaluasi

- Merangkum pelajaran

- Memberi PR/Tugas



7. Alat/ Bahan/Sumber Belajar

* Alat/Bahan/ Media : Gambar (fenomena geografi) yang relefan

* Sumber belajar : * Ahmad Jani, (2004), Geografi, Bandung, Grafindo

* Titi Priono, (2004), Geografi, Jakarta, PT Pabelan

* Sumadi Sutrijat, (1999), Geografi, Jakarta, Departemen

Pendidikan dan Kebudayaan

* Dra. Cut M R, Wangsa Jaya dan Yuli Katarina, (2006),

Geografi, Jakarta, Phibeta



8. Penilaian

* Jenis tagihan : - Tugas kelompok

- Kuis

^ Ulangan 1. Berbagai wilayah di Indonesia terdapat hasil tambang yang

menjadi ciri khas wilayah tersebut, kondisi seperti ini ada

hubungannya dengan …

a. prinsip interelasi d. prinsip distribusi

b. prinsip interseksi e. prinsip korologi

c. prinsip deskripsi

2. Terjadinya gempa bumi dapat dijelaskan secara ilmiah

sehingga masyarakat memahami fenomena alam tersebut

Kegiatan ini berkaitan dengan ….

a. prinsip interelasi d. prinsip distribusi

b. prinsip interseksi e. prinsip korologi

c. prinsip deskripsi

3. Hal-hal tersebut yang bukan termasuk dalam unsur topologi

yang mempengaruhi kehidupan manusiaa adalah …

a. luas d. bentuk

b. letak e. air

c. batas

4. Hubungan yang saling terkait dalam ruang antara gejala yg

satu dengan yang lainnya merupakan prinsip ….

a. interelasi c. deskripsi e. korologi

b. interseksi d. distribusi



* Bentuk tagihan : - Laporan

- Uraian berstruktur





Wanasalam, Juli 2007

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran





B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan

Nip.131123669































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Satuan Pendidikan : MA Negeri I Wanasalam

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas/Semester : X/1

Pertemuan ke : 8 s/d 9

Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas

Alokasi Waktu : 2 x pertemuan (4 x 45 menit)

1. Standar Kompetensi : Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi



2. Kompetensi Dasar : 1.4 Mendeskripsikan aspek geografi



3. Indikator

* Pertemuan ke 8 : Mendeskripsikasikan aspek-aspek geografi

* Pertemuan ke 9 : Membedakan aspek fisik dan aspek sosial geografi

: Memberikan contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan

sehari-hari

4. Tujuan Pembelajaran

* Pertemuan ke 8 : Siswa dapat mendeskripsikan aspek-aspek geografi

* Pertemuan ke 9 : Siswa dpt membedakan aspek fisik & aspek sosial geografi

: Siswa dapat meberikan contoh aspek-aspek geografi dalam

kehidupan sehari-hari



5. Materi Ajar : Aspek Geografi



6. Langkah-langkah Pembelajaran

* Pertemuan ke 8 :

^ Kegiatan awal : - Mengucapkan salam

- Berdo'a bersama (khusus jam pertama)

- Mengabsen siswa

- Apersepsi



^ Kegiatan inti : - Menjelaskan aspek-aspek geografi

- Siswa menyimak dan bertanya apabila ada yang kurang

dipahami



^ Kegiatan penutup : - Menyimpulkan

- Memberi PR/Tugas



* Pertemuan ke 9

^ Kegiatan awal : - Mengucapkan salam

- Berdo'a bersama (khusus jam pertama)

- Mengabsen siswa

- Apersepsi



^ Kegiatan inti : - Siswa secara berkelompok, mengidentifikasi perbedaan

aspek fisik dan aspek sosial geografi serta menyebutkan

contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari

- Presentasi hasil diskusi



^ Kegiatan penutup : - Evaluasi

- Menyimpulkan dasil diskusi

- Memberi PR/Tugas





7. Alat/ Bahan/Sumber Belajar

* Alat/Bahan/ Media : Gambar (fenomena geografi) yang relefan

* Sumber belajar : * Ahmad Jani, (2004), Geografi, Bandung, Grafindo

* Titi Priono, (2004), Geografi, Jakarta, PT Pabelan

* Sumadi Sutrijat, (1999), Geografi, Jakarta, Departemen

Pendidikan dan Kebudayaan

* Dra. Cut M R, Wangsa Jaya dan Yuli Katarina, (2006),

Geografi, Jakarta, Phibeta



8. Penilaian

* Jenis tagihan : - Tugas kelompok

- Tugas individu

^ Ulangan 1. Bahan kajian geografi dikelompokan menjadi dua aspek

seutkan !

2. Jelaskan yang dimaksud dengan aspek fisik ?

3. Sebutkan yang termasuk aspek-aspek fisik geografi 1

4. Jelaskan yang dimaksud dengan aspek sosial ?

5.Sebutkan yang termasuk aspek-aspek sosial sosial geografi!



* Bentuk tagihan : - Laporan

- Uraian berstruktur





Wanasalam, Juli 2007

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran





B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan

Nip.131123669





















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Satuan Pendidikan : MA Negeri I Wanasalam

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas/Semester : X/1

Pertemuan ke : 10 s/d 11

Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas

Alokasi Waktu : 2 x pertemuan (4 x 45 menit)

1. Standar Kompetensi : Memahami sejarah pembentukan bumi



2. Kompetensi Dasar : 2.1 Menjelaskan sejarah pembentukan bumi



3. Indikator

* Pertemuan ke 10 : Mendeskripsikan proses terjadinya bumi

: Menganalisis sejarah perkembangan muka bumi

semesta

* Pertemuan ke 11 : Mendeskripsikan karakteristik perlapisan bumi

: Menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan

persebaran gunung api dan gempa bumi



4. Tujuan Pembelajaran

* Pertemuan ke 10 : Siswa dapat mendeskripsikan proses terjadinya bumi

: Siswa dapat menganalisis sejarah perkembangan muka bumi

* Pertemuan ke 11 : Siswa dapat mendeskripsikan karakteristik perlapisan bumi

: Siswa dapat menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitan

nya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi



5. Materi Ajar : Bumi



6. Langkah-langkah Pembelajaran

* Pertemuan ke 10 :

^ Kegiatan awal : - Mengucapkan salam

- Berdo'a bersama (khusus jam pertama)

- Mengabsen siswa

- Apersepsi



^ Kegiatan inti : - Menjelaskan proses terjadinya bumi dan sejarah perkem

bangan muka bumi

- Siswa menyimak dan bertanya apabila ada yang kurang di

pahami

^ Kegiatan penutup : - Menyimpulkan

- Memberi PR/Tugas



* Pertemuan ke 11

^ Kegiatan awal : - Mengucapkan salam

- Berdo'a bersama (khusus jam pertama)

- Mengabsen siswa

- Apersepsi



^ Kegiatan inti : - Menjelaskan karakteristik perlapisan bumi dan teori lempeng

tektonik

- Siswa secara berkelompok menganalisis teori lempeng

tektonik kaitannya dengan persebaran gunung api dan

gempa bumi

- presentasi hasil diskusi



^ Kegiatan penutup : - Menyimpulkan hasil diskusi

- Evaluasi

- Memberi PR/Tugas



7. Alat/ Bahan/Sumber Belajar

* Alat/Bahan/ Media : Peta Dunia

: Globe

: Gambar (fenomena geografi) yang relefan

* Sumber belajar : * Ahmad Jani, (2004), Geografi, Bandung, Grafindo

* Titi Priono, (2004), Geografi, Jakarta, PT Pabelan

* Sumadi Sutrijat, (1999), Geografi, Jakarta, Departemen

Pendidikan dan Kebudayaan

* Dra. Cut M R, Wangsa Jaya dan Yuli Katarina, (2006),

Geografi, Jakarta, Phibeta



8. Penilaian

* Jenis tagihan : - Tugas kelompok

- Kuis

^ Ulangan 1. Tenaga yang berasaal dari dalam bumi yang bersifat mem

bangun adalah tenaga …

a. eksogen c. weathering e. geothermal

b. endogen d. inti bumi

2. Gempa bumi yang terjadi karena proses dislokasi atau per

geseran lapisan batuan disebut…

a. gempa vulkanik d. gempa tektonik

b. gempa terban e. gempa runtuhan

c. gempa dalam

3. Menurut sejarah terbentuknya bumi, Benua Leurasia berasal

dari sebuah benua yang amat besar yaitu …

a. Benua Asia d. Benua Pangea

b. Benua Arlantis e. Benua Gondwana

c. Benua Antartika

4. Lapisan bumi yang selalu mengalami pergerakan karena

sifatnya cair dan pijar adalah ….

a. lapisan litosfer d. kerak benua

b. lapisan barisfer e. kerak samudra

c. lapisan astenosfer

5. Laut yang dalam yang terjadi karena tumbukan lempeng

dasar samudra dengan lempeng benua disebut …

a. palung d. landas kontinen

b. dangkalan e. dasar benua

c. paparan



* Bentuk tagihan : - Laporan

- Uraian berstruktur





Wanasalam, Juli 2007

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran





B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan

Nip.131123669



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Satuan Pendidikan : MA Negeri I Wanasalam

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas/Semester : X/1

Pertemuan ke : 12 s/d 13

Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas

Alokasi Waktu : 2 x pertemuan (4 x 45 menit)

1. Standar Kompetensi : Memahami sejarah pembentukan bumi



2. Kompetensi Dasar : 2.2. Mendeskripsikan tata surya dan jagat raya



3. Indikator

* Pertemuan ke 12 : Mengidentifikasi ciri-ciri lapisan atmosfer & pemanfaatannya

* Pertemuan ke 13 : Menganalisis teori terjadinya tata surya



4. Tujuan Pembelajaran

* Pertemuan ke 12 : Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri lapisan atmosfer dan

pemanfaatannya

* Pertemuan ke 13 : Siswa dapat menganalisis teori terjadinya tata surya







5. Materi Ajar : Tata surya



6. Langkah-langkah Pembelajaran

* Pertemuan ke 12 :

^ Kegiatan awal : - Mengucapkan salam

- Berdo'a bersama (khusus jam pertama)

- Mengabsen siswa

- Apersepsi



^ Kegiatan inti : - Menjelaskan ciri-ciri lapisan atmosfer dan pemanfaatannya

- Siswa menyimak dan bertanya apabila ada yang kurang di

pahami



^ Kegiatan penutup : - Menyimpulkan

- Memberi PR/Tugas



* Pertemuan ke 13

^ Kegiatan awal : - Mengucapkan salam

- Berdo'a bersama (khusus jam pertama)

- Mengabsen siswa

- Apersepsi



^ Kegiatan inti : - Menjelaskan teori terjadinya tata surya

- Siswa secara berkelompok menganalisis teori-teori terjadi

nya tata surya dari beberapa referensi

- presenrasi hasil diskusi dan tanya jawab



^ Kegiatan penutup : - Evaluasi

- Menyimpulkan hasil diskusi

- Memberi PR/Tugas





7. Alat/ Bahan/Sumber Belajar

* Alat/Bahan/ Media : Gambar (fenomena geografi) yang relefan

: Globe

* Sumber belajar : * Ahmad Jani, (2004), Geografi, Bandung, Grafindo

* Titi Priono, (2004), Geografi, Jakarta, PT Pabelan

* Sumadi Sutrijat, (1999), Geografi, Jakarta, Departemen

Pendidikan dan Kebudayaan

* Dra. Cut M R, Wangsa Jaya dan Yuli Katarina, (2006),

Geografi, Jakarta, Phibeta



8. Penilaian

* Jenis tagihan : - Tugas kelompok

- Tugas individu

^ Ulangan 1. Jelaskan pandangan geosentris dan heliosentris tentang

tata surya !

2. Apa yang dimaksud dengan asteroid ?

3. Sebutkan nama-nama satelit yang dimiliki oleh planet Saturnus!

4. Jelaskan mengapa Pluto tidak lagi disebut sebagai planet

dalam sistem tata surya ?

5. Sebutkan nama-nama planet dalam sistem tata surya

saat ini



* Bentuk tagihan : - Laporan

- Uraian berstruktur





Wanasalam, Juli 2007

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran





B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan

Nip.131123669


0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut