PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN PROGRAM SEMESTER RINCIAN MINGGU EFEKTIF
Mata Pelajaran : Geografi Mata Pelajaran
Satuan Pendidikan : MA Kelas/Semester : X/1 Kelas/Semester
Mata Pelajaran : Geografi Tahun Ajaran : 2007/2008 Tahun Pelajaran
Standar Kompetensi : Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan
aspek geografi No Konsep/ Subkonsep Jml Jam Bulan
Kelas/Semester : X/1 Juli Agustus September Oktober November Desember
Tahun Pelajaran : 2007/2008 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 5 I Jumlah minggu dalam semester 1
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29
No Bulan Jumlah Minggu
No Kompetensi Dasar Indikator Materi Pelajaran Strategi Pembelajaran Ranah 1 Prinsip, Ruang, dan 18 x x x x x x x x x 1 Juli 4
Jenis Tagihan Bentuk Tagihan Instrumen K P A Ket Objek Geografi 2 Agustus 5
1.1 M e m a h a m i 3 September 4
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 k o n s e p , 4 Oktober 5
p e n d e katan, 5 Nopember 4
1 1.1 Menjelaskan * Siawa dapat * Konsep geografi Kuis P i l i h a n 1 prins i p, d a n 6 Desember 4
konsep menjelaskan ganda aspek geografi Total 26
geografi konsep geografi
Uraian Ujian Blok I x II II Jumlah Minggu tidak efektif semester 1
1.2 Menjelaskan * Siswa dapat * Ruang lingkup,
pendekatan menjelaskan pendekatan, dan 2 Pembentukan bumi, 20 x x x x x x x x x No Kegiatan Jumlah Minggu
geografi pendekatan ilmu penunjang Tata surya, d a n 1 Kegiatan tengah semester 1
geografi geografi Jagadraya 2 Libur bulan Ramadhan & 2
* Objek studi 1.2 M e m a h a m i sesudah hari raya Idul Fitri
geografi s e j a r a h 4 Ulangan umum semester I 1
pem bentuk an 5 Persiapan penerimaan 1
1.3 menjelaskan * Siswa dapat * Prinsip-prinsip bumi raport dan Libur semester I
prinsip menjelaskan geografi 6 libur semester II 2
geografi prinsip geografi Ujian Blok II x x Total 7
1.4 Mendeskripsi * Siswa dapat * Aspek geografi Libut semester I III Jumlah minggu efektif dalam semester 1
kan aspek mendeskripsikan Jumlah minggu dalam semester 1 - jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1 =
geografi aspek geografi 26 - 7 = 19 Minggu
Jumlah 38
Keterangan : : Ujian Blok I Wanasalam, Juli 2007
: Libur bulan ramadhan dan sesudah Idul Fitri Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran
: Ujian Blok II
: Libur semester I
Wanasalam, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md
Wanasalam, Juli 2007 Nip. 131123669
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md
Nip.131123669 B a r n i, S.Pd Iwan kurniawan, A.Md
Nip. 131123 669
PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN 4. Strategi Pembelajaran PROGRAM TAHUNAN
No Kegiatan Pembelajaran Waktu (menit) Aspek/Life skill
yang Dikembangkan Mata Pelajaran
Satuan Pendidikan : MA Kelas/Semester
Mata Pelajaran : Geografi 1 Pendahuluan 15 menit Personil akademik Tahun Pelajaran
Standar Kompetensi : Memahami sejarah pembentukan bumi * Motifasi
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2007/2008 SMT N0 KONSEP/SUBKONSEP ALOKASI WAKTU KET
1 Prinsip, Ruang lingkup, dan Objek Geografi. 18 JP
No Kompetensi Dasar Indikator Materi Pelajaran Strategi Pembelajaran Ranah 1,1
Jenis Tagihan Bentuk Tagihan Instrumen K P A Ket 2 Kegiatan 150 menit
* Guru : Menjelaskan mengenai konsep geografi; 2 Pembentukan bumi, Tata surya, dan Jagad raya
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 pengertian, fungsi dan tujuan pembelajaran 1,2 20 JP
geografi
1 1.1 Menjelaskan * Mendeskripsikan * Bumi Kuis P i l i h a n * Siswa :
sejarah pem proses terjadinya ganda
bentukan bumi Jumlah 38 JP
bumi * Menganalisis Uraian 3 Penutup : * Diskusi 15 menit II
sejarah per * Menarik kesimpulan 1 18 JP
kembangan muka
bumi (pangea,
gondwana) 4. Strategi Pembelajaran
* Mendeskripsikan No Kegiatan Pembelajaran Waktu (menit) Aspek/Life skill 2 16 JP
karakteristik yang Dikembangkan
pelapisan bumi
* Menganalisis teori 1 Pendahuluan 15 menit Personil akademik
lempeng tektonik * Motifasi : Jumlah 34 JP
dan kaitannya
dengan per * Prasyarat :
sebaran gunung
api dan gempa
bumi 2 Kegiatan 150 menit
* Guru :
1.2 Mendeskripsi * Mendeskripsikan * Tata surya dalam Wanasalam, Juli 2007
kan tata tata surya dan jagad raya Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran
surya dan jagad raya * Matahari * Siswa :
jagad raya merupakan B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan, A.Md
sebuah bintang Nip. 131123669
* Teori terjadinya 3 Penutup : * Diskusi 15 menit
tata surya * Menarik kesimpulan
* Anggota tata
surya
wanasalam, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : MA Konsep/Subkonsep Materi Pelajaran Strategi Pembelajaran Waktu Ket
Mata Pelajaran : Geografi Metode Sarana
Kelas/Semester : X/1 1 2 3 4 5 6
Pertemuan ke : 1 s/d 2 1.1 Menjelaskan konsep * Konsep Geografi Ceramah 18 JP
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas geografi
Alokasi Waktu : 2 x pertemuan (4 x 45 menit) T a n y a
1. Standar Kompetensi : Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi 1.2 Menjelaskan pendekat * Ruang lingkup, jawab
an geografi pendekatan, dan ilmu
2. Kompetensi Dasar : 1.1 Menjelaskan konsep geografi penunjang geografi Diskusi
3. Indikator * Objek Studi Geografi Tugas
* Pertemuan ke 1 : Menguraikan konsep geografi dari berbagai referensi
* Pertemuan ke 2 : Merumuskan konsep geografi dalam kajian geografi
4. Tujuan Pembelajaran
* Pertemuan ke 1 : Siswa dapat menguraikan konsep geografi dari berbagai
referensi
* Pertemuan ke 2 : Siswa dapat merumuskan konsep geografi dalam kajian
geografi
5. Materi Ajar : Konsep geografi
6. Langkah-langkah Pembelajaran
* Pertemuan ke 1 :
^ Kegiatan awal : - Mengucapkan salam
- Berdo'a bersama (khusus jam pertama)
- Mengabsen siswa
- Apersepsi
Perlunya mempelajari geografi untuk mampu menggali
potensi dan permasalahan dari fenomena yang ditemui
dalam kehidupan sehari-hari
^ Kegiatan inti : - Menjelaskan konsep dasar geografi
- Siswa menyimak
- Siswa mengungkapkan kembali konsep dasar geografi dari
bahan-bahan referensi secara mandiri
^ Kegiatan penutup : - Merangkum pelajaran
- Evaluasi
- Memberi PR/Tugas
* Pertemuan ke 2
^ Kegiatan awal : - Mengucapkan salam
- Berdo'a bersama (khusus jam pertama)
- Mengabsen siswa
^ Kegiatan inti : - Secara berkelompok, menyimpulkan konsep-konsep geografi
- Presentasi hasil diskusi
^ Kegiatan penutup : - Evaluasi
- Menyimpulkan hasil diskusi
- Memberi PR/Tugas
7. Alat/ Bahan/Sumber Belajar
* Alat/Bahan/ Media : Gambar (fenomena geografi) yang relefan
* Sumber belajar : * Ahmad Jani, (2004), Geografi, Bandung, Grafindo
* Titi Priono, (2004), Geografi, Jakarta, PT Pabelan
* Sumadi Sutrijat, (1999), Geografi, Jakarta, Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan
* Dra. Cut M R, Wangsa Jaya dan Yuli Katarina, (2006),
Geografi, Jakarta, Phibeta
8. Penilaian
* Jenis tagihan : - Tugas individu
: - Tugas kelompok
^ Ulangan : 1. Jelaskan pengertian geografi menurut Ferdian Von Richthofen!
2. Jelaskan peran Cloudius Ptolomeus dalam perkembangan
geografi !
3. Sebutkan ruang lingkup studi geografi menurut Rhoad
Murphey !
4. Menurut N. Daldjoeni, geografi adalah ilmu pengetahuan
yang mengajarkan tentang kegiatan manusia di dalam
ruang. Jelaskan unsur-unsur tersebut !
5. Sebutkan tiga macam pendekatan yang digunakan dalam
mempelajari geografi !
* Bentuk tagihan : - Laporan
- Uraian berstruktur
Wanasalam, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan
Nip.131123669
1.3 Menjelaskan prinsip * Prinsip-prinsip Geografi
geografi
1.4 Mendeskripsikan * Aspek Geografi
aspek geografi
Wanasalam, Juli 2007
Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : MA Negeri I Wanasalam
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan ke : 3, 4 dan 5
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas
Alokasi Waktu : 3 x pertemuan (6 x 45 menit)
1. Standar Kompetensi : Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
2. Kompetensi Dasar : 1.2 Menjelaskan pendekatan geografi
3. Indikator
* Pertemuan ke 3 : Mendeskripsikan objek studi geografi
* Pertemuan ke 4 : Menjelaskan pendekatan geografi
* Pertemuan ke 5 : Memberi contoh gejala-gejala geografi dalam kehidupan se
hari-hari
4. Tujuan Pembelajaran
* Pertemuan ke 3 : Siswa dapat mendeskripsikan objek studi geografi
* Pertemuan ke 4 : Siswa dapat menjelaskan pendekatan geografi
* Pertemuan ke 5 : Siswa dapat memberi contoh gejala-gejala geografi dalam
kehidupan sehari-hari
5. Materi Ajar : Pendekatan Geografi
6. Langkah-langkah Pembelajaran
* Pertemuan ke 3 :
^ Kegiatan awal : - Mengucapkan salam
- Berdo'a bersama (khusus jam pertama)
- Mengabsen siswa
- Apersepsi
^ Kegiatan inti : - Menjelaskan tentang objek studi geografi
- Siswa bertanya apabila ada yang kurang dipahami
- Siswa mengungkapkan kembali objek studi geografi dari
bahan-bahan referensi secara mandiri
^ Kegiatan penutup : - Evaluasi
- Merangkum pelajaran
- Memberi PR/Tugas
* Pertemuan ke 4
^ Kegiatan awal : - Mengucapkan salam
- Berdo'a bersama (khusus jam pertama)
- Mengabsen siswa
^ Kegiatan inti : - Menjelaskan tentang pendekatan geografi
- Siswa menyimak dan bertanya jika ada yang kurang di
pahami
- Siswa mengungkapkan kembali pendekatan geografi dari
bahan-bahan referensi secara mandiri
^ Kegiatan penutup : - Merangkum pelajaran
- Evaluasi
- Memberi PR/Tugas
* Pertemuan ke 5
^ Kegiatan awal : - Mengucapkan salam
- Berdo'a bersama (khusus jam pertama)
- Mengabsen siswa
- Apersepsi
^ Kegiatan inti : - Memberikan gambaran tentang gejala-gejala geografi
: - Secara berkelompok, menuliskan beberapa contoh gejala-
gejala geografi yang ditemui masing-masing kelompok
dalam kehidupannya sehari-hari
- Perwakilan kelompok membacakan hasil diskusinya
^ Kegiatan penutup : - Menyimpulkan temuan tiap kelompok
- Evaluasi
- Memberi PR/Tugas
7. Alat/ Bahan/Sumber Belajar
* Alat/Bahan/ Media : Gambar (fenomena geografi) yang relefan
* Sumber belajar : * Ahmad Jani, (2004), Geografi, Bandung, Grafindo
* Titi Priono, (2004), Geografi, Jakarta, PT Pabelan
* Sumadi Sutrijat, (1999), Geografi, Jakarta, Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan
* Dra. Cut M R, Wangsa Jaya dan Yuli Katarina, (2006),
Geografi, Jakarta, Phibeta
8. Penilaian
* Jenis tagihan : - Tugas individu
: - Tugas kelompok
^ Ulangan : 1. Objek studi geografi dibagi dua, sebutkan !
2. Apa yang anda ketahui tentang atmosfer?
3. Sebutkan tiga macam pendekatan yang digunakan dalam
mempelajari geografi !
4. Jelaskan pengertian ekosistem dan habitat
5. Sebutkan minimal lima contoh gejala-gejala geografi yang
ditemui dalam kehidupan sehari-hari !
* Bentuk tagihan : - Laporan
- Uraian berstruktur
Wanasalam, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan
Nip.131123669
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : MA Negeri I Wanasalam
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan ke : 6 s/d 7
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas
Alokasi Waktu : 2 x pertemuan (4 x 45 menit)
1. Standar Kompetensi : Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
2. Kompetensi Dasar : 1.3 Menjelaskan prinsip-prinsip geografi
3. Indikator
* Pertemuan ke 6 : Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi
: Menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip geografi
* Pertemuan ke 7 : Menerapkan prinsip geografi dalam kajian geografi
4. Tujuan Pembelajaran
* Pertemuan ke 6 : Siswa dapat mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi
: Siswa dapat menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip geografi
* Pertemuan ke 7 : Siswa dapat menerapkan prinsip geografi dlm kajian geografi
5. Materi Ajar : Prinsip-prinsip Geografi
6. Langkah-langkah Pembelajaran
* Pertemuan ke 6 :
^ Kegiatan awal : - Mengucapkan salam
- Berdo'a bersama (khusus jam pertama)
- Mengabsen siswa
- Apersepsi
^ Kegiatan inti : - Menjelaskan prinsip-prinsip geografi
- Siswa menyimak dan bertanya apabila ada yang kurang
dipahami
^ Kegiatan penutup : - Menyimpulkan
- Memberi PR/Tugas
* Pertemuan ke 7
^ Kegiatan awal : - Mengucapkan salam
- Berdo'a bersama (khusus jam pertama)
- Mengabsen siswa
^ Kegiatan inti : - Siswa secara berkelompok, mengidentifikasi perbedaan
prinsip-prinsip geografi
- Presentasi hasil diskusi
^ Kegiatan penutup : - Evaluasi
- Merangkum pelajaran
- Memberi PR/Tugas
7. Alat/ Bahan/Sumber Belajar
* Alat/Bahan/ Media : Gambar (fenomena geografi) yang relefan
* Sumber belajar : * Ahmad Jani, (2004), Geografi, Bandung, Grafindo
* Titi Priono, (2004), Geografi, Jakarta, PT Pabelan
* Sumadi Sutrijat, (1999), Geografi, Jakarta, Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan
* Dra. Cut M R, Wangsa Jaya dan Yuli Katarina, (2006),
Geografi, Jakarta, Phibeta
8. Penilaian
* Jenis tagihan : - Tugas kelompok
- Kuis
^ Ulangan 1. Berbagai wilayah di Indonesia terdapat hasil tambang yang
menjadi ciri khas wilayah tersebut, kondisi seperti ini ada
hubungannya dengan …
a. prinsip interelasi d. prinsip distribusi
b. prinsip interseksi e. prinsip korologi
c. prinsip deskripsi
2. Terjadinya gempa bumi dapat dijelaskan secara ilmiah
sehingga masyarakat memahami fenomena alam tersebut
Kegiatan ini berkaitan dengan ….
a. prinsip interelasi d. prinsip distribusi
b. prinsip interseksi e. prinsip korologi
c. prinsip deskripsi
3. Hal-hal tersebut yang bukan termasuk dalam unsur topologi
yang mempengaruhi kehidupan manusiaa adalah …
a. luas d. bentuk
b. letak e. air
c. batas
4. Hubungan yang saling terkait dalam ruang antara gejala yg
satu dengan yang lainnya merupakan prinsip ….
a. interelasi c. deskripsi e. korologi
b. interseksi d. distribusi
* Bentuk tagihan : - Laporan
- Uraian berstruktur
Wanasalam, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan
Nip.131123669
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : MA Negeri I Wanasalam
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan ke : 8 s/d 9
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas
Alokasi Waktu : 2 x pertemuan (4 x 45 menit)
1. Standar Kompetensi : Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
2. Kompetensi Dasar : 1.4 Mendeskripsikan aspek geografi
3. Indikator
* Pertemuan ke 8 : Mendeskripsikasikan aspek-aspek geografi
* Pertemuan ke 9 : Membedakan aspek fisik dan aspek sosial geografi
: Memberikan contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan
sehari-hari
4. Tujuan Pembelajaran
* Pertemuan ke 8 : Siswa dapat mendeskripsikan aspek-aspek geografi
* Pertemuan ke 9 : Siswa dpt membedakan aspek fisik & aspek sosial geografi
: Siswa dapat meberikan contoh aspek-aspek geografi dalam
kehidupan sehari-hari
5. Materi Ajar : Aspek Geografi
6. Langkah-langkah Pembelajaran
* Pertemuan ke 8 :
^ Kegiatan awal : - Mengucapkan salam
- Berdo'a bersama (khusus jam pertama)
- Mengabsen siswa
- Apersepsi
^ Kegiatan inti : - Menjelaskan aspek-aspek geografi
- Siswa menyimak dan bertanya apabila ada yang kurang
dipahami
^ Kegiatan penutup : - Menyimpulkan
- Memberi PR/Tugas
* Pertemuan ke 9
^ Kegiatan awal : - Mengucapkan salam
- Berdo'a bersama (khusus jam pertama)
- Mengabsen siswa
- Apersepsi
^ Kegiatan inti : - Siswa secara berkelompok, mengidentifikasi perbedaan
aspek fisik dan aspek sosial geografi serta menyebutkan
contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari
- Presentasi hasil diskusi
^ Kegiatan penutup : - Evaluasi
- Menyimpulkan dasil diskusi
- Memberi PR/Tugas
7. Alat/ Bahan/Sumber Belajar
* Alat/Bahan/ Media : Gambar (fenomena geografi) yang relefan
* Sumber belajar : * Ahmad Jani, (2004), Geografi, Bandung, Grafindo
* Titi Priono, (2004), Geografi, Jakarta, PT Pabelan
* Sumadi Sutrijat, (1999), Geografi, Jakarta, Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan
* Dra. Cut M R, Wangsa Jaya dan Yuli Katarina, (2006),
Geografi, Jakarta, Phibeta
8. Penilaian
* Jenis tagihan : - Tugas kelompok
- Tugas individu
^ Ulangan 1. Bahan kajian geografi dikelompokan menjadi dua aspek
seutkan !
2. Jelaskan yang dimaksud dengan aspek fisik ?
3. Sebutkan yang termasuk aspek-aspek fisik geografi 1
4. Jelaskan yang dimaksud dengan aspek sosial ?
5.Sebutkan yang termasuk aspek-aspek sosial sosial geografi!
* Bentuk tagihan : - Laporan
- Uraian berstruktur
Wanasalam, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan
Nip.131123669
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : MA Negeri I Wanasalam
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan ke : 10 s/d 11
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas
Alokasi Waktu : 2 x pertemuan (4 x 45 menit)
1. Standar Kompetensi : Memahami sejarah pembentukan bumi
2. Kompetensi Dasar : 2.1 Menjelaskan sejarah pembentukan bumi
3. Indikator
* Pertemuan ke 10 : Mendeskripsikan proses terjadinya bumi
: Menganalisis sejarah perkembangan muka bumi
semesta
* Pertemuan ke 11 : Mendeskripsikan karakteristik perlapisan bumi
: Menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan
persebaran gunung api dan gempa bumi
4. Tujuan Pembelajaran
* Pertemuan ke 10 : Siswa dapat mendeskripsikan proses terjadinya bumi
: Siswa dapat menganalisis sejarah perkembangan muka bumi
* Pertemuan ke 11 : Siswa dapat mendeskripsikan karakteristik perlapisan bumi
: Siswa dapat menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitan
nya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi
5. Materi Ajar : Bumi
6. Langkah-langkah Pembelajaran
* Pertemuan ke 10 :
^ Kegiatan awal : - Mengucapkan salam
- Berdo'a bersama (khusus jam pertama)
- Mengabsen siswa
- Apersepsi
^ Kegiatan inti : - Menjelaskan proses terjadinya bumi dan sejarah perkem
bangan muka bumi
- Siswa menyimak dan bertanya apabila ada yang kurang di
pahami
^ Kegiatan penutup : - Menyimpulkan
- Memberi PR/Tugas
* Pertemuan ke 11
^ Kegiatan awal : - Mengucapkan salam
- Berdo'a bersama (khusus jam pertama)
- Mengabsen siswa
- Apersepsi
^ Kegiatan inti : - Menjelaskan karakteristik perlapisan bumi dan teori lempeng
tektonik
- Siswa secara berkelompok menganalisis teori lempeng
tektonik kaitannya dengan persebaran gunung api dan
gempa bumi
- presentasi hasil diskusi
^ Kegiatan penutup : - Menyimpulkan hasil diskusi
- Evaluasi
- Memberi PR/Tugas
7. Alat/ Bahan/Sumber Belajar
* Alat/Bahan/ Media : Peta Dunia
: Globe
: Gambar (fenomena geografi) yang relefan
* Sumber belajar : * Ahmad Jani, (2004), Geografi, Bandung, Grafindo
* Titi Priono, (2004), Geografi, Jakarta, PT Pabelan
* Sumadi Sutrijat, (1999), Geografi, Jakarta, Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan
* Dra. Cut M R, Wangsa Jaya dan Yuli Katarina, (2006),
Geografi, Jakarta, Phibeta
8. Penilaian
* Jenis tagihan : - Tugas kelompok
- Kuis
^ Ulangan 1. Tenaga yang berasaal dari dalam bumi yang bersifat mem
bangun adalah tenaga …
a. eksogen c. weathering e. geothermal
b. endogen d. inti bumi
2. Gempa bumi yang terjadi karena proses dislokasi atau per
geseran lapisan batuan disebut…
a. gempa vulkanik d. gempa tektonik
b. gempa terban e. gempa runtuhan
c. gempa dalam
3. Menurut sejarah terbentuknya bumi, Benua Leurasia berasal
dari sebuah benua yang amat besar yaitu …
a. Benua Asia d. Benua Pangea
b. Benua Arlantis e. Benua Gondwana
c. Benua Antartika
4. Lapisan bumi yang selalu mengalami pergerakan karena
sifatnya cair dan pijar adalah ….
a. lapisan litosfer d. kerak benua
b. lapisan barisfer e. kerak samudra
c. lapisan astenosfer
5. Laut yang dalam yang terjadi karena tumbukan lempeng
dasar samudra dengan lempeng benua disebut …
a. palung d. landas kontinen
b. dangkalan e. dasar benua
c. paparan
* Bentuk tagihan : - Laporan
- Uraian berstruktur
Wanasalam, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan
Nip.131123669
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : MA Negeri I Wanasalam
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan ke : 12 s/d 13
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tugas
Alokasi Waktu : 2 x pertemuan (4 x 45 menit)
1. Standar Kompetensi : Memahami sejarah pembentukan bumi
2. Kompetensi Dasar : 2.2. Mendeskripsikan tata surya dan jagat raya
3. Indikator
* Pertemuan ke 12 : Mengidentifikasi ciri-ciri lapisan atmosfer & pemanfaatannya
* Pertemuan ke 13 : Menganalisis teori terjadinya tata surya
4. Tujuan Pembelajaran
* Pertemuan ke 12 : Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri lapisan atmosfer dan
pemanfaatannya
* Pertemuan ke 13 : Siswa dapat menganalisis teori terjadinya tata surya
5. Materi Ajar : Tata surya
6. Langkah-langkah Pembelajaran
* Pertemuan ke 12 :
^ Kegiatan awal : - Mengucapkan salam
- Berdo'a bersama (khusus jam pertama)
- Mengabsen siswa
- Apersepsi
^ Kegiatan inti : - Menjelaskan ciri-ciri lapisan atmosfer dan pemanfaatannya
- Siswa menyimak dan bertanya apabila ada yang kurang di
pahami
^ Kegiatan penutup : - Menyimpulkan
- Memberi PR/Tugas
* Pertemuan ke 13
^ Kegiatan awal : - Mengucapkan salam
- Berdo'a bersama (khusus jam pertama)
- Mengabsen siswa
- Apersepsi
^ Kegiatan inti : - Menjelaskan teori terjadinya tata surya
- Siswa secara berkelompok menganalisis teori-teori terjadi
nya tata surya dari beberapa referensi
- presenrasi hasil diskusi dan tanya jawab
^ Kegiatan penutup : - Evaluasi
- Menyimpulkan hasil diskusi
- Memberi PR/Tugas
7. Alat/ Bahan/Sumber Belajar
* Alat/Bahan/ Media : Gambar (fenomena geografi) yang relefan
: Globe
* Sumber belajar : * Ahmad Jani, (2004), Geografi, Bandung, Grafindo
* Titi Priono, (2004), Geografi, Jakarta, PT Pabelan
* Sumadi Sutrijat, (1999), Geografi, Jakarta, Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan
* Dra. Cut M R, Wangsa Jaya dan Yuli Katarina, (2006),
Geografi, Jakarta, Phibeta
8. Penilaian
* Jenis tagihan : - Tugas kelompok
- Tugas individu
^ Ulangan 1. Jelaskan pandangan geosentris dan heliosentris tentang
tata surya !
2. Apa yang dimaksud dengan asteroid ?
3. Sebutkan nama-nama satelit yang dimiliki oleh planet Saturnus!
4. Jelaskan mengapa Pluto tidak lagi disebut sebagai planet
dalam sistem tata surya ?
5. Sebutkan nama-nama planet dalam sistem tata surya
saat ini
* Bentuk tagihan : - Laporan
- Uraian berstruktur
Wanasalam, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
B a r n i, S.Pd Iwan Kurniawan
Nip.131123669
Minggu, 02 Januari 2011
ANALISIS KONTEK
21.57
MAS. MA. BINUANGEUN
0 komentar:
Posting Komentar